Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat proses persalinan menjadi nyaman dan lancar.

dan salah satunya adalah dengan menggunakan selendang, yang biasanya disebut Rebozo.
kenapa rebozo? enggak Selendang atau Jarik Saja? bisa saja sih…..namun karena penemunya berasal dari Meksiko, maka menggunakan bahasa meksiko tentunya.

Rebozo berarti selendang dalam bahasa Spanyol dan merupakan selendang tradisional Meksiko. Selendang tradisional ini umumnya digunakan dalam kehidupan sehari hari sebagai aksesoris, membantu mengangkat barang belanjaan, maupun membantu membawa bayi, sama seperti selendang tradisional di Indonesia. Namun, para bidan tradisional juga menggunakan rebozo untuk meredakan rasa tidak nyaman pada saat kehamilan dan membantu bayi dalam kandungan untuk berada di dalam posisi yang seimbang.

Manteada merupakan teknik yang dilakukan oleh para bidan di Meksiko dengan menggunakan rebozo. Teknik ini dilakukan dengan menggoyang goyangkan bagian abdomen dengan menggunakan rebozo. Manteada dapat dilakukan untuk kehamilan, persalinan, postpartum, dan bahkan untuk kesuburan.

Obat relaksan otot dan narkotika merupakan obat yang sering ditawarkan di rumah sakit ketika persalinan lama atau menyakitkan, namun obat semacam ini tentunya mempunyai efek samping yang mungkin tidak diinginkan bagi bayi maupun Anda.

Teknik rebozo ini dapat membantu untuk Anda untuk menjadi lebih rileks tanpa bantuan obat apapun. Hal ini membuat teknik ini sangatlah berguna ketika persalinan lama dan Anda mulai merasa tidak nyaman. Selain itu, teknik ini juga dapat digunakan untuk memberikan ruang ke bayi Anda sehingga bayi Anda dapat berada di posisi yang seoptimal mungkin untuk persalinan.

Bagaimana cara menggunakan rebozo saat proses persalinan?

Rebozo dapat digunakan dalam berbagai cara saat proses persalinan, namun salah satu cara yang paling umum untuk menggunakannya adalah dengan menggunakannya di pinggul sang ibu dan menggoyang goyangkan pinggul sang ibu dengan gerakan yang teratur. Gerakan ini biasa disebut sebagai “pelvic massage”. Selain itu rebozo juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan posisi bayi.

Berikut ini adalah cara menggunakan rebozo untuk mengoptimalkan posisi bayi di masa kehamilan atau awal proses persalinan:

  1. Mintalah bantuan pendamping Anda untuk memposisikan rebozo di sekitar perut Anda seakan membentuk hammock(tempat tidur gantung) di sekitar bayi Anda
  2. Berlututlah di depan kursi, sofa, atau gym ball. Anda dapat menggunakan bantal di dada dan lutut Anda untuk kenyamanan Anda. Gantungkan tangan Anda di sekitar gym ball, kursi, atau sofa sehingga Anda tidak perlu menumpukan berat badan Anda ke tangan Anda. Anda dapat merilekskan tubuh bagian atas Anda, namun jagalah punggung Anda agar tetap tegak dan tidak collapse. Jika Anda sudah berada dalam posisi ini, mintalah pendamping Anda untuk membantu Anda.
  3. Mintalah pendamping Anda untuk berdiri di belakang Anda dan memegang ujung rebozo keatas seperti memegang kendali kuda, lalu mintalah pendamping Anda untuk mengangkat berat perut Anda dari punggung Anda senyaman Anda.
  4. Mintalah pendamping Anda untuk mulai menggoyang goyangkan perut Anda secara perlahan lalu mulai meningkatkan kecepatannya.
  5. Tips untuk pendamping Anda : Lakukan teknik ini dengan sedikit menekuk kaki Anda dan tanpa menggunakan sepatu. Hal ini dapat membantu Anda untuk lebih dapat merasakan hubungan antara rebozo yang Anda pegang dengan tubuh sang ibu.
  6. Dengan kecepatan yang meningkat seiring berjalannya waktu (bagi para pendamping, jagalah kekuatan Anda agar tetap stabil), perut Anda menjadi bergetar. Di saat ini, bernafaslah dengan bebas dan secara perlahan lahan. Jika Anda merasa tidak nyaman, mintalah pendamping Anda untuk menyesuaikan kecepatan atau tekanan rebozo sampai Anda merasa nyaman.
  7. Berikan feedback(komentar) kepada pendamping Anda sehingga pendamping Anda tau apa yang nyaman bagi Anda dan tau apa yang harus dia lakukan. Ingatlah bahwa rebozo tidak menggosok perut Anda, namun membawa perut Anda bersamanya.
  8. Setelah 2-5 menit, tangan pendamping Anda mungkin akan mulai lelah. Pada saat ini, mintalah pendamping Anda untuk memperlambat gerakannya secara bertahap untuk beberapa detik sampai akhirnya berhenti dan rebozo dilepaskan dari perut Anda.

Selain Teknik ini, Anda juga dapat melakukan Teknik “Shake the Apples” ketika Anda sedang berada di dalam fase aktif. Teknik ini dilakukan dengan menggoyang goyangkan pinggul Anda saat Anda berada di posisi yang sama seperti tadi.