Anda dapat melakukan teknik ini dua kali seminggu atau di awal proses persalinan untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses persalinan. Anda juga dapat melakukan teknik ini jika persalinan Anda macet. Posisi ini sangat berguna untuk mengurangi rasa sakit di panggul atau punggung dan membantu bayi Anda untuk berada di posisi yang optimal.

  • Psoas release

Otot psoas adalah otot yang berfungsi untuk membantu Anda dapat berjalan tegak dan menyangga organ di perut Anda. Otot psoas yang pendek dapat menyebabkan sesak napas, sembelit,dan posisi bayi yang tidak optimal. Lakukan teknik ini untuk mengurangi rasa sakit di punggung dan kaki, membuka dan menyelaraskan panggul Anda, serta menghindari induksi saat persalinan. 

Anda dapat melakukan teknik ini dengan berbaring terlentang dengan kaki berada di kursi sehingga betis dan paha Anda membentuk sudut 90 derajat. Setelah 5 menit, miringkan badan Anda ke salah satu sisi dan bangunlah secara perlahan. Suatu hari nanti, Anda akan merasakan bahwa punggung Anda cukup rileks dan ruang diantara punggung Anda dan lantai menghilang. Jangan memaksakan untuk menghilangkan ruang diantara lantai dan punggung Anda, lakukan dan ulangi teknik ini sampai hal itu terjadi secara sendirinya.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Selain itu, posisi duduk dengan lutut yang lebih rendah daripada panggul Anda juga dapat memperpanjang otot psoas Anda.

  • Melakukan prenatal gentle yoga

Prenatal gentle yoga mempunyai banyak manfaat bagi Anda, termasuk membuat tubuh Anda menjadi lebih seimbang. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai prenatal gentle yoga, klik disini.

  • Abdominal release

Teknik ini dapat membantu merilekskan broad ligament Anda sehingga dapat memberi bayi Anda lebih banyak ruang untuk berada di posisi yang lebih optimal.

Anda dapat melakukan posisi in dengan berbaring di salah satu sisi atau berbaring terlentang. Jika Anda berada dalam posisi terlentang, Anda dapat meletakkan bantal di punggung Anda untuk menyangga Anda sehinga tumpuan berat badan Anda berada di punggung Anda dan bukannya di pantat Anda. Mintalah pendamping Anda untuk menyentuhkan telapak tangannya ke bagian bawah perut Anda. Tekanan yang dilakukan sangatlah ringan seperti jika Anda memegang balon dan Anda mengurangi tekanan yang ada di tangan Anda sedikit saja, balon tersebut akan jatuh. Di posisi ini, Anda dapat beristirahat, tertidur, atau berbincang bindang dengan pendamping Anda. Anda dapat melakukan teknik ini selama 10 sampai 30 menit.

  • Standing release

Standing release adalah suatu teknik yang dilakukan untuk merilekskan otot fascia disekitar panggul. Saat dilakukan dengan efektif, teknik ini dapat membantu untuk mengoptimalkan posisi bayi, mensejajarkan panggul, dan bahkan mengurangi heartburn dan mendengkur.