Bagian 2: Ketika trauma telah “diselesaikan” (kadang-kadang tiba tiba muncul kembali setelah bertahun-tahun): Tips untuk melepaskan dan mengalihkan dampak kelahiran yang traumatik.

 

Setiap kali sesi kelas hypnobirthing, saya selalu bertanya tentang pengalaman proses persalinan atau kelahiran klien saya, ya jika ini adalah kehamilan pertama mereka, saya selalu bertanya apakah mereka pernah bertanya kepada orang tua mereka tentang pengalaman saat melahirkan mereka. Dan selalu saja mereka mengatakan bahwa orang tua mereka apalagi ibu mereka selalu mampu menceritakan secara detail proses persalinannya.walaupun proses itu sudah lebih dari 20 tahun berlalu, namun ingatan para ibu kita masih kuat sekali.

Ya memang! Proses persalinan adalah proses yang TIDAK BAKALAN TERLUPAKAN.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Kalau pengalaman proses persalinan itu indah, pasti seru kita mendengarnya, namun kalau proses pengalaman persalinannya traumatik, pasti akan menciptakan ketakutan bahkan trauma baru bagi kita.

Nah seringkali juga klien datang ke bidan kita dengan kehamilan ke dua atau lebih (ke tiga / ke empat) dengan membawa ketakutan dan trauma yang terjadi di persalinan sebelumnya, walaupun persalinan sebelumnya sudah terjadi lebih dari 5 tahun yang lalu, namun saat hamil, bisa saja trauma atau ketakutan itu muncul kembali dan membuat ketakutan yang lebih dalam.

Gejolak rasa sakit dan kemarahan, kekecewaan dan sakit hati yang mendalam seorang wanita dari pengalamannya melahirkan sering terasa seperti pertempuran batin yang tahan lama, yang bisa muncul kembali kapan saja.

Nah berikut adalah beberapa tips untuk Anda:

Tip # 1: Mengakui bahwa Anda siap untuk mengubahnya

Satu hal yang penting untuk diketahui adalah bahwa ANDA dan hanya ANDA dapat memutuskan kapan Anda siap untuk menyembuhkan! Jadi siapkan diri Anda untuk mengubah semua pengalaman traumatik yang pernah terjadi menjadi pengalaman yang indah.

 

Tip # 2: memanjakan fisik menenangkan jiwa dan mempersiapkan Anda untuk persalinan yang lebih baik

Lakukan relaksasi, Anda bisa juga mencoba untuk berendam di air hangat dan membiatkan tubuh dan bathin Anda rileks.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here