Dalam persalinan, serviks memegang peranan yang sangat penting. Karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang terjadi pada serviks saat proses persalinan .

APA? DIMANA?

Kebanyakan wanita tidak tahu apa itu serviks atau leher rahim di mana itu, fungsinya atau bahkan bagaimana bentuknya.Nah, inilah dia : ………

 

Dan jika di lihat dari depan, akan terlihat seperti ini (sangat mirip dengan kepala penis):

 

Dalam proses persalinan serviks ini harus memendek, menipisa kemudian membuka. Dan kemajuan persalinan akan dilihat dari seberapa lebar pembukaan yang telah terjadi. Nah dari beberapa kasus yang saya amiati akhirnya saya menemukan sebuah pandangan baru tentang serviks dan perannya dalam proses persalinan.

# Pembukaan 1: 10 cm ADALAH NOMOR MAGIC/ NOMOR KHAYALAN

Ketika saya kuliah, semua buku kebidanan mengatakan bahwa dalam persalinan serviks akan membuka mulai dari 1 cm hingga 10 cm. namun seringkali di lapangan saya menemukan bahwa, pemeriksaan terhadap seberapa lebar serviks seorang klien sudah membuka itu sangatlah bervariasi penilaiannya. Dan ini tergantung dari si pemeriksa. Maksud saya begini, untuk memeriksa pembukaan, seorang dokter haruslah melakukan pemeriksaan dalam dengan menggunakan telunjuk dan jari tengah mereka. Telunjuk dan jari tengah ini berfungsi sebagai “mata” mereka. Nah ketika menilai sebuah pembukaan, seringkali Antara bidan dan dokter akan berbeda hasilnya, dugaan saya adalah karena besar jari mereka juga berbeda-beda, daya imajinasi mereka juga berbeda sehingga hasilnya pun kadang bervariasi. Karena tidaklah mungkin kita meletakkan penggaris untuk mengukur seberapa lebar pembukaan serviks, maka penilaiannya pun tergantung si pemeriksa. Karena sebenarnya pembukaan 1 hingga 10 ini adalah “bidang khayal” yang memudahkan kami sebagai bidan atau dokter untuk menilai pembukaan.

 

Sebenarnya seberapa lebar serviks membuka pada saat proses persalinan sangatlah bervariasi antara wanita satu dengan wanita yang lain, karena bisa Anda bayangkan sendiri, pada bayi besar dengan lingkar kepala yang besar tentunya pembukaan serviksnya pasti akan lebih lebar, dan mungkin kalau saja bisa diukur dengan penggaris bisa saja lebih dari 10 cm, sedangkan bayi yang lahir dengan berat badan lebih kecil dan lingkar kepala yang lebih kecil tentunya 10 cm yang dimaksudkan lebih kecil dari pada 10 cm si bayi besar tadi.

 

Jadi sebenarnya ukuran 1 s.d 10 cm hanyalah sebuah ukuran yang memudahkan bidan dan dokter untuk menilai kemajuan persalinan. 1 s.d 10 cm bukanlah ukuran yang mutlak seperti ukuran penggaris.