Selain itu, pembengkaan dapat terjadi jika Anda berada di cuaca yang lembab dan panas, berdiri tegak di waktu yang lama, banyak beraktivitas sepanjang hari, mengkonsumsi sodium dan kafein dalam jumlah banyak, mempunyai pola makan rendah potasium.

Gejala edema pascapersalinan

Pembengkaan di area tangan dan kaki bisa berkisar daei ringan, sedang, atau ekstrim.

panduan-audio-hypnofertility-ads
  • Kulit di tangan, kaki, dan area bengkak yang lain tampak meradang, merenggang, mengkilap, dan bengkak
  • Kulit akan tenggelam ketika Anda menekannya
  • Pembengkaan mungkin juga akan mempengaruhi area perut

Bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk meredakan atau mengurangi bengkak pasca persalinan.

  1. Hindari berdiri terlalu lama

Jika Anda harus berdiri untuk waktu yang lama, cobalah untuk beristirahat disela sela dan cobalah untuk mengangkat kaki Anda keatas saat kondisi memungkinkan untuk meningkatkan sirkulasi darah di kaki Anda. Saat Anda duduk, cobalah untuk tidak menyilangkan kaki Anda karena posisi ini data membatasi airan darah di kaki Anda. Ketika Anda berada di rumah, angkatlah kaki dan tangan Anda sampai kaki dan tangan Anda diatas atau sejajar dengan jantung Anda. Pertahankan posisi ini sampai sekitar 30 menit setiap hari. Anda juga dapat mengistirahatkan kaki Anda ke tembok saat Anda sedang berbaring. Posisi seperti ini dapat memperlancar aliran darah dan mengurangi pembengkaan.

  1. Pakai alas kaki yang nyaman

Cobalah untuk memakai alas kaki yang nyaman dan tidak menyesakkan untuk kaki Anda dan hindari menggunakan high heels.

  1. Konsumsi banyak cairan

Mungkin saran ini terdengar berlawanan, namun sebenarnya mengkonsumsi banyak cairan dapat membantu mengurangi dan mengeluarkan kandungan air yang ditahan oleh tubuh Anda. Hal ini terjadi karena dehidrasi membuat tubuh Anda menahan air tambahan tersebut. Selain itu, mengkonsumsi air dapat membantu membersihkan tubuh Anda melalui ginjal, yangmana dapat menjaga sistem tubuh Anda tetap sehat dan mempercepat pemulihan Anda. Jadi ingatlah untuk mengkonsumsi banyak cairan dan kosongkan kandung kemih Anda.

  1. Atur pola makan

Hindari makanan yang mengandung banyak garam atau sodium, selain itu hindari juga makanan olahan. Banyak makanan olahan termasuk keripik, kue, dan minuman bersoda mengandung banyak sodium. Makanan makanan ini dapat meningkatkan pembengkaan pasca persalinan. Konsumsilah makanan bergizi seimbang seperti sayur, buah, dan protein. Selain itu, konsumsilah makanan kaya potassium. Makanan kaya potassium seperti pisang, bayam, alpukat, lentils, yogurt, dan selai kacang dapat secara alami mengurangi kandungan sodium dalam tubuh Anda sehingga dapat membantu untuk mengurangi pembengkaan. Hindari konsumsi kafein karena minuman berkafein dapat membuat tubuh Anda kehilangan air, meningkatkan resiko dehidrasi, membuat tubuh Anda merespon dengan menahan cairan yang ada di tubuh Anda. Gantikan minuman berkafein dengan the herbal atau air putih untuk mencegah dehidrasi dan mengurangi pembengkaan pasca persalinan.

  1. Gunakan kompres dingin

Gunakan kompres dingin untuk mengompres area tubuh yang bengkak seperti tangan atau kaki.

  1. Lakukan olahraga ringan

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan santai, gentle yoga, berenang, dan pilates untuk mengurangi pembengkaan. Bergerak dan melakukan olahraga ringan dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dan air yang ada di tubuh Anda. Selaiun itu, olahraga juga dapat membantu Anda untuk mengeluarkan cairan tambahan yang ada di tubuh Anda melalui keringat. Konsultasikanlah dengan provider Anda sebelum memulai program olahraga. Ikuti tubuh Anda dan hindari gerakan yang dapat menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan.

  1. Pakai pakaian longgar

Pakaian yang sempit dapat menghambat sirkulasi darah dalam tubuh Anda. Hal ini dapat mencegah tubuh Anda untuk mengeluarkan air tambahan yang ada di tubuh Anda. Pakailah pakaian yang nyaman dan longgar untuk mencegah hal ini.

  1. Rendam kaki Anda

Anda dapat merendam kaki Anda di campuran air dan essential oil. Anda dapat menggunakan cypress untuk memperlancar aliran darah dan mencegah varises. Gunakan lavender atau chamomile untuk mengurangi ketidaknyamanan. 

  1. Lakukan akupuntur, refleksiologi, atau pijat

Terapi seperti akupuntur, pijar dan refleksiologi dapat menjadi alternatif yang baik untuk membantu mengurangi pembengkaan karena terapi ini dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh Anda dan membantu tubuh Anda untuk mengeluarkan kandungan air tambahan yang ditahan oleh tubuh Anda. 

  1. Jaga tubuh Anda agar tetap dingin

Jagalah tubuh Anda untuk sedingin mungkin karena udara panas dapat memperparah pembengkaan. Cobalah untuk tetap berada di dalam ruangan dan pastikan bahwa ruangan Anda memiliki ventilasi yang baik.