Walaupun air lemon sangat bermanfaat bagi ibu hamil, namun bila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan, air lemon juga mempunyai beberapa efek samping yang merugikan. Berikut ini adalah beberapa efek samping air lemon.

1. Heartburn

Heartburn merupakan salah satu kondisi yang seringkali dialami oleh ibu hamil, terutama di trimester akhir. Kandungan asam yang tinggi dalam lemon dapat memperburuk atau memicu kondisi ini. Jika Anda mengalami heartburn, hindarilah konsumsi  lemon sampai gejalanya mereda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai heartburn selama kehamilan, klik disini.

2. Masalah gigi

Gigi dan tulang sangat rentan terhadap dekalsifikasi (hilangnya kalsium pada tulang atau gigi, membuatnya menjadi lebih rentan terhadap kerusakan) selama kehamilan. Tingginya tingkat asam sitrat dalam lemon dapat memicu hal ini, sehingga merusak enamel gigi dan menyebabkan masalah gigi lainnya. Konsultasikanlah dengan dokter gigi Anda jika Anda masalah gigi dan pastikan  bahwa tekstur dan warna gigi Anda tidak berubah. Hindari konsumsi  air lemon dalam jumlah tinggi secara teratur.

3. Batuk dan pilek

Meminum air lemon dalam kondisi dingin dapat menyebabkan batuk dan pilek selama kehamilan. Konsumsilah air lemon yang hangat atau berada pada suhu ruangan untuk menghindari hal ini.

Tips untuk mengkonsumsi air lemon

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika Anda mengkonsumsi air lemon selama kehamilan:

  • Sifat asam dari lemon dapat memengaruhi email gigi Anda. Karena itu, setelah mengonsumsi air lemon, berkumurlah dan bilas rongga mulut Anda untuk mengurangi masalah gigi.
  • Jika Anda ingin memulai mengkonsumsi lemon selama kehamilan, cobalah untuk mengkonsumsinya  dalam jumlah kecil terlebih dahulu untuk memeriksa apakah air lemon tersebut membuat Anda mengalami heartburn atau tidak..
  • Pastikan bahwa Anda menggunakan air lemon segar yang baru saja diperas.
    Untuk beberapa wanita, perasan 1 buah lemon utuh mungkin akan terlalu banyak.
  • Gunakanlah setengah buah lemon untuk membuat jus lemot dan hindarilah meminumnya secara langsung (Anda dapat mencampurkannya dengan air atau teh).
  • Campurkan air lemon ke air hangat dan bukan air mendidih karena air mendidih dapat mengurangi efek lemon secara signifikan.
  • Mulailah dengan seperempat lemon yang dicampurkan dengan 400 – 500 ml air setiap hari. Anda dapat meningkatkannya secara bertahap menjadi dua hingga tiga gelas setiap hari, tergantung pada apa yang Anda rasakan.

Knowledge is power ~

Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/is-lemon-good-for-pregnancy#takeaway
  • https://www.momjunction.com/articles/safe-drink-lemon-water-pregnancy_0010116/#gref
  • https://www.ohbabynutrition.com/blog/labor-aid-an-energizing-electrolyte-drink
  • https://parenting.firstcry.com/articles/lemon-juice-during-pregnancy-safety-benefits-and-side-effects/