Apa Saja Manfaat Air Lemon?

Buah berwarna kuning yang memiliki rasa asam dengan banyak manfaat ini dapat menjadi salah satu teman Anda selama kehamilan. Salah satu cara termudah untuk mengkonsumsinya adalah dengan memerasnya dan meminum air lemon. Air lemon dikenal sebagai pereda mual dan morning sickness, selain itu, satu buah lemon yang telah dikupas mengandung banyak mineral dan vitamin seperti magnesium, niacin, kalsium, folat, vitamin B6, vitamin C, dan riboflavin.

Dengan banyaknya manfaat dan nutrisi yang kita dapat, lemon menjadi salah satu buah yang perlu dimasukkan dalam daftar menu Anda selama kehamilan. Namun ingatlah bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Konsultasikanlah dengan provider Anda terlebih dahulu sebelum memasukkan lemon dalam menu harian Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat air lemon selama kehamilan.

1. Mengobati morning sickness

Lemon dapat membantu mengurangi sensasi mual yang dirasakan oleh ibu hamil yang biasanya datang bersama dengan morning sickness, terutama selama trimester pertama. Air lemon juga dapat mengurangi kelebihan aliran empedu dan juga membantu menghilangkan dahak yang terkumpul di saluran pencernaan. Lemon juga dapat berfungsi sebagai penyegar mulut, yang mana dapat sangat berguna bila Anda mengalami mual muntah. Ingatlah untuk mengkonsultasikannya dengan provider Anda bila mual muntah tidak kunjung membaik.

2. Membantu mengkontrol tekanan darah

Vitamin yang terkandung dalam lemon dapat memperkuat pembuluh darah, serta menjaga kelenturan dan kelembutan pembuluh darah sehingga dapat mencegah adanya pendarahan dalam dan mengurangi tekanan darah. Selain itu, lemon juga dapat membantu mengkontrol tingkat kolesterol Anda.

3. Membantu mengatasi sembelit

Mengkonsumsi satu gelas air lemon setiap hari dapat membantu mencegah sembelit. Lemon dapat menstimulasi hati Anda dan meningkatkan gerakan peristaltik yang mana dapat menstimulasi usus Anda untuk membuang kotoran-kotoran dalam tubuh dengan lebih efektif.

4. Memperkuat sistem daya tahan tubuh

Air lemon dapat membantu mencegah beberpa penyakit seperti flu, demam, dan batuk pilek. Kayanya kandungan vitamin C  di lemon dapat membantu memperkuat sistem daya tubuh Anda dan melawan bakteri dan virus.

5. Meningkatkan dan menjaga kekuatan tulang

Air lemon sangatlah kaya akan magnesium dan kalsium, yangamana dapat meningkatkan dan menjaga kekuatan tulang. Dengan mengkonsumsi air lemon, Anda juga akan memberikan kedua mineral ini kepada bayi Anda. Lemon juga mengandung potassium yangmana dapat membantu perkembangan tulang bayi Anda serta menjaga sel otak dan saraf-saraf dalam tubuh.

6. Membantu menjaga infeksi urogenital 

Air lemon dapat meningkatkan produksi urin dan dapat membantu menjaga kesehatan ginjal Anda, mencegah adanya infeksi urogenital (infeksi sistem kemih dan reproduksi) dalam ibu hamil.

7. Menjaga pH tubuh

Air lemon dapat membantu menjaga tingkat pH dalam tubuh dengan mencapai alkalinitas (kapasitas air untuk menetralkan asama) yang sehat. Meskipun lemon bersifat asam, namun ketika mereka mencapai ke sistem tubuh kita, mereka bersifat basa. Residu alkali yang ditinggalkan oleh lemon membantu meredakan gejala asidosis (kondisi yang terjadi ketika kadar asam di tubuh sangat tinggi).