Nah sekarang bagaimana dengan wanita yang siklus haid-nya yang tidak teratur? Anda harus mempunyai catatan tentang siklus haid selama minimal 6 bulan. Untuk menentukan masa subur, siklus haid terpendek dikurangi 18 dan siklus haid terpanjang dikurangi 11. Hasilnya adalah rentang masa subur Anda, untuk lebih detailnya bisa lihat pada contoh berikut ini:

Misalnya, siklus haid terpendek 25 (25-18=7) dan siklus haid terpanjang 36 (36-11=25), berarti masa subur Anda antara hari ke-7 hingga hari ke-25. Rentang masa subur ini sangat panjang sehingga sulit menentukan kapan tepatnya terjadi ovulasi.

 

panduan-audio-hypnofertility-ads

Ukurlah suhu tubuh Anda. Cermatilah suhu tubuh basal Anda (dengan thermometer khusus). Suhu tubuh basal harus diukur pada pagi hari setelah tidur sekurang-kurangnya 3-5 jam pada malam hari hari dan sebelum Anda meninggalkan tempat tidur, berbicara, atau bahkan bangun dari posisi berbaring. Suhu tubuh basal Anda berubah sepanjang waktu; suhu terendah tercapai pada saat sel telur Anda dilepaskan dari indung telur, kemudian meningkat sekitar 0,3 derajat Celsius dalam waktu sekitar satu hari setelahnya. Perlu diingat bahwa grafik suhu tubuh basal tidak dapat membantu Anda memperkirakan masa subur, tetapi hanya sebagai bukti bahwa masa subur Anda telah dimulai sejak 2-3 hari sebelumnya. Setelah beberapa bulan membuat grafik tersebut, pola siklus bulanan Anda akan tampak sehingga akan memudahkan Anda memperkirakan masa subur pada siklus berikutnya.

Periksalah pakaian dalam Anda. Tanda lain yang perlu Anda perhatikan adalah tampilan, peningkatan jumlah, dan perubahan kekentalan lender mulut rahim (cairan yang membuat pakaian dalam Anda terasa lengket). Setelah menstruasi berakhir, lendir di mulut rahim sangat sedikit, itu pun jika ada. Seiring dengan berlangsungnya siklus, Anda akan mengamati peningkatan produksi lendir, biasanya berwarna putih atau keruh, dan jika diregangkan di antara jemari tangan, lendir akan putus. Mendekati masa subur, lendir itu akan semakin banyak, tetapi lebih encer, lebih jernih, dan memiliki kekentalan yang mirip dengan putih telur. Jika diregangkan di antara jemari tangan, Anda dapat menariknya hingga menjadi seperti benang beberapa sentimeter panjangnya sebelum akhirnya terputus (bukankah itu kegiatan yang menyenangkan untuk di lakukan di kamar mandi?). itu adalah pertanda bahwa sudah waktunya Anda berhenti berlama-lama di kamar mandi dan berpindah ke kamar tidur. Setelah pelepasan sel telur,mulut rahim Anda akan kembali kering atau mungkin pula mengeluarkan cairan yang lebih kental. Jika digabungkan dengan posisi mulut rahim (lihat paragraf selanjutnya) dan suhu tubuh basal dalam satu grafik, lendir ini (meskipun agak menjijikan) dapat membantu Anda menentukan masa subur dan menindaklanjutinya.

4 COMMENTS

  1. Selamat malam mbak yesie.. saya sudah setahun menikah tapi belum juga du karuniai anak. Ada tips yg bsa membantu saya?

  2. selamat sore mbak yessie.. salam kenal saya hani. saya tertarik artikel mbak yessie ini.. saya mau cerita saya sudah 3 tahun menikah belum diberi momongan. di tahun ke 2 lebih 5 bln saya melakukan operasi untuk mengangkat kista ovarium di dua ovarium saya. tapi saya tidak mengambil hasil laboratorium jenis kista saya ini dan saya belum berani kunjungan ke dokter lagi karena saya takut kalau mesti dilakukan terapi hormon dengan suntik-suntikan. jujur saya trauma paska operasi ini. apakah mbak yessie ada saran untuk kasus saya ini? tindakan apa yang harus saya lakukan yang alami dan minim trauma. terima kasih atas perhatiannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here