Kenalilah mulut rahim anda. Ketika tubuh Anda merasakan perubahan hormon yang menandakan pelepasan sel telur dari indung telur, tubuh mulai mempersiapkan diri untuk menyambut rombongan sel sperma agar sel telur memiliki peluang terbesar untuk dibuahi. Salah satu tandanya adalah perubahan posisi mulut rahim.

Selama permulaan siklus, mulut rahim Anda-yakni saluran seperti leher di antara vagina dan rahim; bagian inilah yang kelak harus meregang selama melahirkan agar dapat dilewati kepala bayi-rendah, keras, dan tertutup.

Namun, mendekati masa subur, mulut rahim kembali meninggi, agak melunak, dan sedikit membuka untuk memudahkan sel sperma menemukan target mereka. Beberapa wanita dapat merasakan perubahan ini dengan mudah. Jika Anda ingin mencoba, periksalah mulut rahim Anda setiap hari menggunakan satu atau dua jari tangan, dan buatlah grafik hasil pengamatan Anda.

Amatilah bahasa tubuh Anda. Jika Anda seperti 20% wanita pada umumnya, tubuh Anda akan memberi tahu ketika pelepasan sel telur tengah berlangsung. Tubuh akan mengirimkan berita tersebut dalam bentuk rasa nyeri berdenyut atau serangkaian kejang pada perut bagian bawah (biasanya terpusat pada salah satu sisi tubuh) yakni sisi yang indung telurnya melepaskan sel telur.

Gejala yang disebut mittelschmerz-bahasa Jerman untuk middle pain (nyeri di bagian tengah)-ini dianggap sebagai pengingat bulanan akan tibanya masa subur dalam siklus tersebut.

Gunakanlah alat uji (test pack) kesuburan. Alat ini dapat menentukan masa subur dalam 12-24 jam sebelumnya dengan menentukan kadar hormon LH (luteinizing hormone), yakni hormon terakhir yang kadarnya meningkat sebelum pelepasan sel telur. Anda hanya perlu meneteskan air seni di atasnya dan menunggu warna yang muncul untuk menunjukan bilamana Anda sedang dalam masa subur ataukah tidak.

Amatilah jam tangan Anda. Pilihan lain dalam gudang senjata uji kesuburan adalah alat yang Anda kenakan di pergelangan tangan untuk mendeteksi kadar sejumlah garam (klorida, natrium, kalium) didalam keringat, sebab kadar garam-garam ini selalu berubah selama siklus berlangsung.

Kenaikan kadar natrium klorida di dalam keringat terjadi sebelum kadar estrogen dan LH melonjak, yakni sekitar 1-4 hari sebelum memasuki masa subur. Kunci keberhasilan penggunaan teknologi canggih ini adalah memperoleh garis dasar pengukuran yang tepat sebelum melakukan penentuan masa subur.

Artinya, Anda perlu mengenakan alat tersebut di pergelangan tangan sekurang-kurangnya enam jam terus-menerus untuk memperoleh garis dasar yang tepat.