Karena fleksibilitas kepala bayi, tekanan pada satu atau beberapa bagian tengkorak dapat menyebabkan bentuknya tidak normal. Ini disebut sebagai cetakan deformasi. Cetakan deformasi dapat terjadi dalam rahim, selama persalinan dan melahirkan, atau pada awal masa bayi.

Jika kepala bayi ditekan dalam rahim atau selama proses persalinan, ini dapat menyebabkan perubahan bentuk. Beberapa faktor terkait kehamilan dan kelahiran yang dapat berkontribusi pada pembentukan deformasi meliputi:

  • Cephalopelvic dispropportion (CPD): Ketika kepala bayi terlalu besar untuk dapat melewati panggul ibu.
  • Oligohidramnion: Kadar cairan ketuban tidak mencukupi
  • Kembar / kembar
  • Kerja lama atau ditahan
  • Kelahiran sungsang

provider harus memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan bayi selama tes prenatal dan persalinan. Jika ada tanda-tanda dari salah satu kondisi di atas, beberapa bentuk intervensi medis (seperti operasi caesar darurat) mungkin diperlukan. Kegagalan untuk mendiagnosis dan bertindak cepat meningkatkan kemungkinan bayi mengalami trauma kepala yang parah selama persalinan pervaginam. Penting juga untuk dicatat bahwa cedera kompresi serebral dapat memiliki konsekuensi bencana tanpa tanda-tanda kerusakan eksternal. Konsekuensi ini dapat mencakup kejang, stroke janin, atau perdarahan intrakranial.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Jenis kelainan Cetakan Kepala Yang Disebabkan Oleh Cedera Lahir

Ada beberapa jenis cetakan kepala yang dapat terjadi akibat cedera lahir pada akhir kehamilan atau selama persalinan dan persalinan. Berikut beberapa contohnya:

Cephalohematoma

Cephalo- berarti “kepala” atau “tengkorak,” dan hematoma adalah bekuan darah yang terjadi di luar pembuluh darah. Cephalohematoma adalah gumpalan yang terjadi di daerah antara tengkorak dan periosteum (selaput yang menutupi tengkorak) akibat pecahnya pembuluh darah. Sefalohematoma bayi dikaitkan dengan penggunaan alat bantu kelahiran seperti forsep atau ekstraktor vakum atau persalinan berkepanjangan atau traumatis. Biasanya, sefalohematoma akan bermanifestasi sebagai benjolan padat yang menonjol di kepala bayi. Ini muncul beberapa jam hingga sehari setelah lahir dan seringkali terbesar pada hari kedua atau ketiga. Sefalohematoma bayi biasanya sembuh tanpa intervensi medis besar, tetapi jika tidak ditangani dengan benar, akibatnya bisa lebih serius.

Caput Succedaneum