Latihan pranayama, ketika dilakukan dengan tepat, dikatakan dapat memberikan manfaat penyembuhan. Energi vital dari tibih menjadi seimbang dan diisi kembali. Kelelahan berkurang. Pikiran dan emosi menjadi lebih tenang.

Teknik relaksasi alam sadar secara sistematis membimbing Anda ke dalam keadaan rileks yang mendalam. Begitu suara-suara dalam pikiran menghilang, tubuh Anda akan mampu untuk melepaskan tegangan otot.

Ketika tubuh Anda mulai santai, napas menjadi lebih lambat dan dalam, sehingga sistem pernapasan dapat beristirahat. Napas yang lambat dan dalam mendorong relaksasi dan ketenangan, sedangkan napas yang terburu-buru dan pendek akan menyebabkan kekhawatiran.

Begitu ritme pernapasan melambat, detak jantung juga akan ikut menjadi lebih lambat. Hal ini memberikan pengaruh positif terhadap keseluruhan sistem sirkulasi dan jantung dapat beristirahat dan mengalami proses peremajaan.

Sistem saraf sympathetic, yang selalu siap untuk beraksi, menerima pesan bahwa tidak apa-apa untuk relaks, dan kemudian sistem saraf parasympathetic akan memberikan respons terhadap relaksasi.

Kelenjar endorkin yang bertanggung jawab terhadap sebagian besar keadaan emosi dan fisik Anda, menerima pesan untuk menjadi lebih relaks. (Dalam masyarakat dengan kecenderungan stress yang tinggi, kelejar adrenalin terkuras secara berlebihan.)

Relaksasi secara mendalam ini langsung menuju pada pusat dari penurunan tingkat kelelahan dan menguraikannya mulai dari bagian terdalam menuju ke permukaan, ibarat menguraikan gulungan bola boning. Anda akan keluar dengan keadaan penuh energy, seperti ketika Anda baru saja kembali dari “liburan kecil” dari kehiupan Anda yang penuh dengan stress.

Percaya Diri dan Citra Tubuh

Hatha yoga membantu mengembangkan rasa percaya diri yang positif, citra tubuh, dan pandangan terhadap diri sendiri yang lebih nyaman dan realistis. Hal ini terasa sangat dibutuhkan di dunia yang penuh dengan citra gadis-gadis model dan selebritis yang langsing, cantik, dan penuh riasan wajah (benar-benar mimpi yang mustahil dari kebanyakan orang Amerika).

Latihan yoga menciptakan keyakinan dan stabilitas fisik, mental, dan emosi. Tubuh menjadi lebih kuat dan gesit. Pikiran mulai mendengarkan kebutuhan tubuh dan menumbuhkan hubungan pikiran-tubuh. Kepercayaan diri dan keyakinan bertumbuh. Suara dari dalam jiwa dibangunkan kembali.

Pengertian terhadap kondisi emosional menjadi bertambah dalam. Kebutuhan untuk mengatasi emosi maka dengan makan sebanyak-banyaknya atau malah membiarkan tubuh kelaparan, mulai menghilang. Sembari Anda mendengarkan jiwa, Anda mulai memberi respons terhadap isyarat-isyarat dari dalam dan mulai mengkonsumsi makanan bergizi ketika Anda merasa lapar, dan ini akan memberi dampak positif bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Perbaikan Sikap Tubuh

Hatha yoga memperbaiki sikap tubuh Anda dalam kehidupan sehari-hari. Siswa yoga sering berkomentar bahwa hasil dari melakukan yoga dalah meningkatnya kesadaran akan sikap tubuh dan kemudian memperbaikinya dalam kegiatan sehari-hari di luar kelas. Keadaan fisik dan sikap tubuh yang lebih baik menarik untuk dilihat dan juga menceritakan banyak tentang seseorang, namun dampaknya, sebenarnya jauh lebih dalam lagi.

Ketika tubuh memiliki sikap yag baik, tulang-tulang berdiri dengan baik dari kaki ke atas. Apabila tulang-tulang femur (paha) masuk dengan benar ke dalam engsel tulang pinggul, pinggul akan menjadi lebih seimbang yang juga akan memberikan keseimbangan pada sakrum. Hal ini penting untuk kesehatan dan tegaknya tulang punggung. Sakrum adalah fulcrum yang merupakan tempat tulang punggung bersandar.

Menyeimbangkan dan menstabilkan Tubuh ibu hamil

Saat hamil, sebenarnya hormon relaxing semakin banyak di produksi oleh tubuh. Dengan melakukan yoga, otot-otot Anda menjadi lebih kenyal, elastis dan sendi Anda lebih mudah bergerak, nah untuk itu penting sekali keseimbangan otot.