Apa itu “ROUND LIGAMEN PAIN”?

Saat rahim Anda membesar selama masa kehamilan, Anda mungkin mengalami rasa ketidaknyamanan di sekitar area perut bagian bawah dan pangkal paha. Sensasi yang umum – meskipun tidak nyaman – ini adalah cara tubuh Anda meregang untuk mengakomodasi rahim Anda yang sedang tumbuh.

Nyeri pada round ligament terjadi ketika ligamen panggul yang menopang rahim Anda mulai melunak dan bahkan meregang akibat meningkatnya produksi hormon relaxin dalam tubuh ibu hamil. Ketidaknyamanan yang Anda rasakan disebabkan oleh pengencangan sepasang ligamen ini, atau oleh iritasi pada ujung saraf di dekatnya.

Banyak ibu hamil mulai merasakannya sekitar minggu ke-14 kehamilan, tetapi sebenarnya bisa dirasakan  kapan saja sejak trimester kedua. Dan banyak juga yang keliru mendiagnosa, dikira nyeri ini adalah SPD (Symphisis Pubis Dysfunction). Nyeri ini dirasakan oleh 10 dan 30 persen wanita hamil, biasanya selama akhir trimester pertama dan trimester kedua, dan biasanya terasa di perut bagian bawah dan selangkangan.

Karena nyeri pada round ligemen adalah gejala kehamilan yang umum selama trimester kedua. Maka rasa sakit mungkin dianggap sebagai kejadian normal. Dan bukan menjadi alasan untuk khawatir.

Nah sebelum kita melanjutkan pembahasannya lebih dalam, ada baiknya kita mengerti apa itu ROUND LIGAMENT

 

Round ligament adalah sepasang ligamen di panggul Anda yang menahan rahim Anda supaya tetap ada di tempatnya.  Saat ukuran perut meningkat selama kehamilan, round ligament ini menjadi meregang sebagai respons terhadap pertumbuhan rahim .

Wanita yang tidak hamil memiliki round ligament yang tebal dan pendek. Tetapi kehamilan dapat menyebabkan ligamen ini menjadi panjang dan kencang. Round ligament biasanya berkontraksi dan mengendur secara perlahan. Kehamilan memberikan tekanan dan ketegangan ekstra pada ligamen Anda, sehingga ligamen bisa menjadi tegang,mbayanginnya  seperti karet gelang yang teregang terlalu panjang.

Baca Juga  HIPERTENSI DALAM KEHAMILAN

Gerakan yang tiba-tiba dan cepat dapat menyebabkan ligamen Anda mengencang terlalu cepat dan menarik serabut saraf. Tindakan ini memicu rasa sakit dan ketidaknyamanan yang tajam.

Seperti apa rasanya nyeri round ligamen?

Jika ini adalah kehamilan pertama Anda, Anda mungkin takut bahwa rasa sakit ini disebabkan oleh suatu masalah yang besar. Dan wajar jika Anda khawatir. Namun, dengan mengenali gejala nyeri pada round ligamen pasti ini dapat meringankan kekhawatiran Anda.

Nyeri round ligamen dapat terasa berbeda untuk orang yang berbeda. Mungkin terasa pegal atau kram, tajam atau menusuk. Anda mungkin mengalami sensasi di satu atau kedua sisi perut bagian bawah. Anda mungkin akan lebih sering merasakan nyeri saat Anda mengubah posisi secara tiba-tiba. Anda mungkin juga merasakan nyeri di perut bagian bawah dan selakangan saat berguling di tempat tidur, pindah dari posisi terlentang menjadi miring ke kiri atau ke kanan atau saat Anda bangun dari duduk atau berbaring.

Gejala nyeri pada round ligament yang paling mudah dikenali adalah kejang tiba-tiba yang intens di perut atau area pinggul. Nyeri biasanya terjadi di sisi kanan. Beberapa wanita hamil mengalami nyeri round ligament di kedua sisi.

Kabar baiknya adalah nyeri round ligament bersifat sementara. Biasanya berhenti setelah beberapa detik atau menit, tetapi nyerinya bisa hilang timbul dan kembali lagi. Aktivitas dan gerakan tertentu dapat menyebabkan nyeri.

Meskipun provider Anda mungkin merekomendasikan olahraga ringan selama kehamilan, penting untuk dicatat bahwa beberapa bentuk aktivitas fisik dapat memicu atau memperburuk rasa sakit Anda.

Pemicu lain untuk nyeri pada round ligament meliputi:

  • batuk atau bersin
  • tertawa
  • Ganti posisi tidur 
  • berdiri terlalu cepat
  • gerakan tiba-tiba lainnya
Baca Juga  Diare Saat Kehamilan

Anda lebih mungkin mengalami ketidaknyamanan selama aktivitas fisik karena gerakan menyebabkan pregangan ligamen. Tetapi Anda dapat melakukan penyesuaian untuk meringankan ketidaknyamanan Anda setelah Anda mengidentifikasi aktivitas yang menyebabkan Anda sakit. Misalnya, jika Anda merasakan nyeri saat berguling ganti posisi di tempat tidur, maka  dengan mengurangi kecepatan proses ganti posisi tidur, ini dapat membuat nyeri menjadi berkurang

Bagaimana nyeri ligamen bundar didiagnosis?

Jika ini adalah kehamilan pertama Anda dan Anda tidak terbiasa dengan jenis nyeri ini, buatlah janji dengan dokter untuk mendiskusikan gejala Anda jika Anda khawatir.

Bagaimana cara membedakan nyeri pada round ligamen dengan SPD dan dengan Kram perut?

Sayangnya, tidak ada cara pasti untuk membedakan antara nyeri round ligamen bundar, dengan SPD maupun kram perut selama kehamilan, karena keduanya terletak di area perut yang sama dan menyebabkan jenis nyeri yang sama.

Tetapi secara umum, nyeri round ligament  lebih bersifat posisional karena postur atau aktivitas yang berbeda membuatnya lebih baik atau lebih buruk. Sedangkan Kram perut biasa, di sisi lain, terus mengganggu dan tidak cepat hilang dengan perubahan posisi Anda.

Bagaimana cara mengatasi nyeri pada round ligament?

Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk membantu mengelola nyeri dan mengurangi ketidaknyamanan, berikut caranya:

  • latihan peregangan/stretching
  • Melakukan prenatal gentle yoga 
  • Cobalah pereda nyeri. Tanyakan pada dokter/bidan Anda  apakah opsi yang dijual bebas seperti asetaminofen aman digunakan selama kehamilan Anda.
  • istirahat
  • menekuk dan melenturkan pinggul saat bersin, batuk, atau tertawa
  • Gunakan kompres hangat di area nyeri
  • mandi air hangat
  • Mengenakan sabuk bersalin / korset ibu hamil juga dapat mengatasi nyeri ligamen bulat. Pakaian penyangga perut ini dikenakan di bawah pakaian Anda. Ikat pinggang membantu menopang dan dapat meredakan rasa sakit dan tekanan yang diakibatkan oleh perut yang membesar.
  • Hindari gerakan tiba-tiba. Pergantian posisi yang cepat dapat menyebabkan rasa sakit pada awalnya, jadi ingatkan diri Anda untuk bangun dari duduk atau berbaring secara perlahan.
Baca Juga  Self CARE untuk hipertensi dalam kehamilan

Sabuk bersalin/ korset ibu hamil  tidak hanya dapat meredakan nyeri pada round ligament, tetapi juga membantu meringankan:

  • nyeri punggung bawah
  • nyeri linu panggul
  • sakit pinggul
  • Sabuk bersalin dapat memberikan dukungan ekstra jika Anda hamil dengan anak kembar.

Langkah selanjutnya

Nyeri pada round ligement adalah gejala umum dan hanya ada sedikit yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya terjadi. Tetapi begitu Anda mulai mengalami rasa sakit, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meredakan ketidaknyamanan. Penting untuk memahami pemicu rasa sakit itu secara individual.

Kapan harus menemui dokter tentang nyeri pada round ligamen

Jika beristirahat dalam posisi yang nyaman tidak meredakan sakit perut Anda, atau jika gejala Anda menjadi parah, hubungi provider Anda. Segera hubungi juga, jika rasa sakitnya sering dan disertai gejala lain termasuk demam, menggigil, perdarahan, bercak, keputihan atau pusing.

Jika Anda juga mengalami mual, muntah, nyeri atau terbakar saat buang air kecil, nyeri punggung bawah atau tekanan di daerah panggul, atau jika Anda menghitung lebih dari empat kontraksi per jam (yang bisa jadi tanda persalinan).

Referensi:

  1. What to Expect When You’re Expecting, 5th edition, Heidi Murkoff.
  2. WhatToExpect.com, 14 Weeks Pregnant, August 2020.
  3. WhatToExpect.com, Best Pregnancy Belly Belts and Pants Extenders to Help Keep Your Jeans Up, February 2020.
  4. WhatToExpect.com, 10 Signs of Labor, February 2020.
  5. Mayo Clinic, What causes round ligament pain during pregnancy?, April 2020.
  6. National Institutes of Health, National Library of Medicine, Management of acute abdomen in pregnancy: current perspectives, February 2019.
  7. National Institutes of Health, National Library of Medicine, Anatomy, Abdomen and Pelvis, Uterus Round Ligament, August 2020.
  8. James Greenberg, M.D., OB/GYN, Brigham and Woman’s Hospital, Boston.
  9. 10 reasons to use a maternity belt. (2014, September 3)
    trimestertalk.com/reasons-use-maternity-belt-belly-support-band/
  10. Murry, M. (2014, September 10). Round ligament pain: Understanding this pregnancy complaint
    mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-blog/round-ligament-pain/bgp-20111536
  11. Placenta abruption. (2014, December 13)
    mayoclinic.org/diseases-conditions/placental-abruption/basics/definition/con-20024292
  12. Preterm labor. (2015, August)
    americanpregnancy.org/labor-and-birth/premature-labor/
  13. Round ligament pain. (2015, July)
    americanpregnancy.org/pregnancy-health/round-ligament-pain-during-pregnancy/