Apa itu “ROUND LIGAMEN PAIN”?

Saat rahim Anda membesar selama masa kehamilan, Anda mungkin mengalami rasa ketidaknyamanan di sekitar area perut bagian bawah dan pangkal paha. Sensasi yang umum – meskipun tidak nyaman – ini adalah cara tubuh Anda meregang untuk mengakomodasi rahim Anda yang sedang tumbuh.

Nyeri pada round ligament terjadi ketika ligamen panggul yang menopang rahim Anda mulai melunak dan bahkan meregang akibat meningkatnya produksi hormon relaxin dalam tubuh ibu hamil. Ketidaknyamanan yang Anda rasakan disebabkan oleh pengencangan sepasang ligamen ini, atau oleh iritasi pada ujung saraf di dekatnya.

Banyak ibu hamil mulai merasakannya sekitar minggu ke-14 kehamilan, tetapi sebenarnya bisa dirasakan  kapan saja sejak trimester kedua. Dan banyak juga yang keliru mendiagnosa, dikira nyeri ini adalah SPD (Symphisis Pubis Dysfunction). Nyeri ini dirasakan oleh 10 dan 30 persen wanita hamil, biasanya selama akhir trimester pertama dan trimester kedua, dan biasanya terasa di perut bagian bawah dan selangkangan.

Karena nyeri pada round ligemen adalah gejala kehamilan yang umum selama trimester kedua. Maka rasa sakit mungkin dianggap sebagai kejadian normal. Dan bukan menjadi alasan untuk khawatir.

Nah sebelum kita melanjutkan pembahasannya lebih dalam, ada baiknya kita mengerti apa itu ROUND LIGAMENT