Seringkali ibu hamil dianjurkan untuk tidur miring ke kiri, anjuran ini diberikan karena secara anatomi ada pembuluh darah besar yang menuju ke rahim dimana letaknya di sisi kanan tulang belakang, ketika Anda tidur miring ke kanan saat hamil tua dalam waktu yang lama, dikhawatirkan gaya gravitasi dan berat rahim membuat pembuluh darah tersebut “kegencet”. Namun, usahakan untuk menyeimbangkan antara sisi kanan dan kiri agar panggul Anda seimbang.

Gunakan bantal yang dapat menyangga badan dan kaki Anda sehingga pinggul Anda dapat terbuka dan Anda merasa lebih nyaman.

  1. Relax

Rilekskan otot perut dan ligamen-ligamenn Anda dengan berbagai gerakan yoga yang dapat Anda lakukan. Lakukan relaksasi dan latihlah napas Anda. Untuk dapat mempunyai persalinan yang nyaman dan posisi janin yang seimbang, ligamen, sendi-sendi, dan fascia (selaput yang mengelilingi otor, organ, dan tulang) harus rileks dan seimbang. (Lihatlah beberapa tutorial yoga yang dapat Anda lakukan di https://www.youtube.com/user/bidankita)

edited by: Gabriele Nadina Elloianza

panduan-audio-hypnofertility-ads