Anda juga dapat melakukan beberapa posisi yoga yang dapat membantu Anda untuk meregangkan tubuh Anda. (Lihatlah beberapa tutorial yoga yang dapat Anda lakukan di https://www.youtube.com/user/bidankita)

Psoas Release

Otot psoas yang kaku dapat menghambat bayi Anda untuk turun panggul. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk merilekskan otot psoas. Salah satunya adalah dengan berbaring terlentang dengan kaki Anda berada di atas kursi sehingga betis dan paha Anda membentuk sudut 90 derajat.

Setelah 5 menit, bergulinglah ke samping dan bangunlah secara perlahan. Lakukan latihan ini secara rutin sehingga suatu saat nanti punggung Anda akan cukup rileks sehingga jarak antara punggung Anda dan lantai akan menghilang.

  1. Yoga

Lakukan pose pose yoga yang dapat membantu Anda untuk membuka pinggul Anda dan merilekskan pinggul dan tulang ekor Anda. Anda dapat melakukan latihan ini secara rutin untuk membuat pinggul Anda lebih lentur dan menyeimbangkan panggul Anda. Latihan ini juga dapat meredakan sakit punggung. (Lihatlah beberapa tutorial yoga yang dapat Anda lakukan di https://www.youtube.com/user/bidankita)

  1. Tidurlah dengan posisi yang baik

Upayakan untuk tidur sesuai dengan posisi punggung janin Anda. Namun, jika Anda tidak mengetahui posisi punggung janin Anda, tidurlah dengan posisi yang paling nyaman untuk Anda.

Seringkali ibu hamil dianjurkan untuk tidur miring ke kiri, anjuran ini diberikan karena secara anatomi ada pembuluh darah besar yang menuju ke rahim dimana letaknya di sisi kanan tulang belakang, ketika Anda tidur miring ke kanan saat hamil tua dalam waktu yang lama, dikhawatirkan gaya gravitasi dan berat rahim membuat pembuluh darah tersebut “kegencet”. Namun, usahakan untuk menyeimbangkan antara sisi kanan dan kiri agar panggul Anda seimbang.

Gunakan bantal yang dapat menyangga badan dan kaki Anda sehingga pinggul Anda dapat terbuka dan Anda merasa lebih nyaman.

  1. Relax

Rilekskan otot perut dan ligamen-ligamenn Anda dengan berbagai gerakan yoga yang dapat Anda lakukan. Lakukan relaksasi dan latihlah napas Anda. Untuk dapat mempunyai persalinan yang nyaman dan posisi janin yang seimbang, ligamen, sendi-sendi, dan fascia (selaput yang mengelilingi otor, organ, dan tulang) harus rileks dan seimbang. (Lihatlah beberapa tutorial yoga yang dapat Anda lakukan di https://www.youtube.com/user/bidankita)

Edited by: Gabriele Nadina Elloianza