Bengkak (edema) pascapersalinan adalah kondisi yang sering terjadi. Terkadang, Anda juga akan bengkak di sekitar wajah, perut, dan pergelangan kaki. Biasanya, bengkak akan mulai menghilang dengan sendirinya dalam hitungan minggu. Mungkin Anda juga akan mengalami bengkak di area sayatan, seperti pada operasi cesar atau episotomi. Pembengkaan ini mungkin akan menyebabkan rasa sakit dan menimbulkan ketidaknyamanan. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai pembengkaan setelah persalinan dan bagaimana mengatasinya.

 

Apa penyebabnya?

Selama kehamilan, tubuh Anda mengandung lebih banyak air untuk bayi Anda. Setelah persalinan, air ini akan dilepaskan secara perlahan melalui keringat dan air kencing. Air tambahan inilah yang membuat Anda bengkak. Berikut ini adalah beberapa penyebab lain terjadinya pembengkaan pasca persalinan.

  1. Hormon

Penyebab paling umum terjadinya pembengkaan pascapersaliinan adalah hormon. Selama kehamilan, tubuh Anda memproduksi hormon progesterone dalam jumlah banyak. Progesteron yang berlebihan ini dapat menyebabkan retensi air dan natrium dalam tubuh Anda yang dapat menyebabkan pembengkaan setelah kelahiran si kecil.

  1. Rahim yang membesar

Ketika rahim Anda membesar seiring dengan pertumbuhan si kecil, pembesaran ini dapat menekan pembuluh darah yang mengalirkan darah Anda ke kaki dan membatasi aliran darah ke tubuh bagian bawah. Karena selama persalinan, tubuh Anda akan menyimpan cairan tambahan untuk mendukung pertumbuhan bayi Anda, setelah persalinan, tubuh Anda akan membutuhkan waktu untuk mengeluarkan dan mengurangi cairan tersebut.

  1. Proses persalinan

Tekanan yang ada selama kehamilan akan menyebabkan pembengkaan. Selain itu, saat Anda mengejan di proses persalinan, darah dan cairan di tubuh Anda akan berada dalam puncaknya. Hal ini nantinya dapat menyebabkan pembengkaan di jari, tangan, kaki, dan juga wajah. 

  1. Cairan Intra vena (infus)

Cairan Intra vena (IV) juga merupakan salah satu penyebab pembengkaan pascapersalinan. Sebagian besar wanita yang mengalami operasi caesar akan menerima obat obatan dan anesthesia melalui infus dan terkadang bahkan wanita yang melahirkan normal juga menerima beberapa intervensi berupa ptocin atau cairan tertentu melalui infus. Cairan tambahan ini akan menumpuk di tubuh Anda dan akan membutuhkan beberapa hari untuk keluar dari tubuh Anda.