Ketika saya mengajar untuk para bidan di pelatihan prenatal gentle yoga, dan saya bertanya kepada mereka tentang kasus yang paling banyak mereka hadapi di lapangan berikut alasan mereka untuk merujuk kliennya adalah karena PERSALINAN MACET, Persalinan TAK MAJU . Anda bisa lihat pembahasannya di artikel ini.

Dan beberapa kali akupun mendapati kasus demikian. Beberapa karakteristik yang saya amati pada kasus persalinan lama dan macet adalah antara lain:

  • Fase pasif/latent (pembukaan kurang dari 4cm) berlangsung beberapa hari
  • Hari Perkiraan Lahir sudah lewat
  • Terjadi Ketuban Pecah Dini
  • Pembukaan > 6 cm tiba tiba kontraksi tidak semakin sering, namun justru semakin jarang
  • Pembukaan lengkap namun kepala janin masih tinggi
  • Riwayat sang ibu jarang olahraga
  • Riwayat di dalam kehidupan sehari hari sebagian besar waktu di gunakan untuk duduk dan berbaring.

Yup. Dan biasanya dengan riwayat demikian, masalah yang seringkali terjadi, sumbernya adalah pada LIGAMEN SACROTUBEROUS .

Oke! Sejenak kita belajar tentang bagaimana “alur” kepala bayi lahir, dan “mekanisme” panggul pada saat persalinan terjadi.

Silahkan simak gambar di bawah ini:

ini adalah alur bagaimana bayi lahir melewati panggul ibu. ada 7 step di sana.

saat kepala bayi hendak masuk ke pintu atas panggul / INLET, maka pintu atas panggul harus terbuka

begitu kepala janin masuk ke pintu tengah panggul/MIDLET, maka panggul akan menselaraskan diri, sehingga memungkinkan si kepala janin melakukan putaran paksi dalam dan menundukkan kepala sehingga ubun ubun kecilnya menjadi bagian yang terendah.

dan ketika kepala janin hendak lahir dan sampai proses lahirnya seluruh tubuh, maka pintu bawah panggul atau OUTLET harus terbuka.

Lalu saya akan bahas lebih lanjut tentang Ligamen Sacrotubero ligament ini:

Melihat gambar di atas, dan menyadari bahwa panggul mempunyai kemampuan untuk ber nutasi dan contranutasi, maka ketika ligament yang menghubungkan tulang duduk dengan tulang ekor ini, kaku dan pendek, otomatis ruangan pintu bawah panggul/outlet semakin sempit.