Mungkin Anda sering melihat postingan saya di semua buku dan sosial media  bahwa “tubuh kita diciptakan untuk  melahirkan” dan kurasa sebagian besar dari kita menyetujui pernyataan tersebut. Tubuh kita sangatlah luar biasa dan tubuh kita sengaja didesain sedemikian rupa untuk mengandung dan melahirkan.

Namun, saat ini kita hidup di lingkungan dimana tubuh kita tidak dapat bekerja sebagaimana yang seharusnya. Oleh karena itu, untuk meminimalisir rasa sakit dan mempunyai persalinan yang nyaman, kita harus merubah kebiasaan kita dalam beraktivitas agar bayi Anda dapat berada dalam posisi yang optimal untuk melahirkan.

Banyak orang berfikir bahwa selama kepala bayi Anda sudah dibawah, bayi Anda sudah siap untuk dilahirkan. Namun pada kenyataannya KEPALA DIBAWAH TIDAKLAH CUKUP.

Tentu akan sangat melegakan ketika Anda mengetahui bahwa bayi Anda tidak berada dalam presentasi pantat (breech). Namun sebenarnya kepala yang turun panggul hanyalah langkah awal untuk dapat mempunyai proses persalinan yang nyaman.

Berikut ini adalah posisi terbaik untuk persalinan normal:

  • Kepala bayi berada dalam posisi menunduk;
  • Untuk persalinan yang pertama, bayi sudah mulai berada di pelvic brim(mulai turun panggul) pada usia kehamilan 38 minggu;
  • Untuk persalinan yang kedua atau lebih, biasanya proses turunnya kepala ke panggul kadang terjadi saat proses persalinan berlangsung.
  • Punggung bayi berada di sebelah kiri ibu (atau di depan) dengan kaki bayi berada di kanan (Right Occiput Anterior)

Untuk membantu bayi dan panggul Anda untuk berada di posisi yang optimal dan membuat tubuh Anda lebih seimbang, berikut ini adalah berbagai macam aktivitas yang dapat Anda lakukan:

  1. Berjalan Setiap Hari

Jalan cepat dapat memanjangkan otot psoas dan membuatnya lebih lentur. Selain itu, berjalan merupakan latihan yang baik untuk menjaga kesehatan Anda.

Anda dapat melakukannya setiap hari atau paling tidak 5 kali seminggu. Jangan memaksakan diri, mulailah dengan jarak yang pendek lalu tingkatkan secara bertahap.

Hindari aktifitas ini jika provider Anda melarang Anda untuk berjalan karena masalah kesehatan. Jika Anda merasakan sakit di area symphysis pubic, kenakan pregnancy belt dan mulailah secara perlahan.

  1. Forward-Leaning Inversion

Posisi ini dapat memperbaiki dan merilekskan ligamen yang menyangga uterus bagian bawah dan cerviks Anda (uterosacral, cervical, round ligament).