Sound Healing dan Persalinan Lembut

Sekitar lima atau enam tahun yang lalu, saya membaca sebuah buku yang cukup menginspirasi saya hingga detik ini. judul buku itu adalah “Childbirth Without Violance” dan buku ini adalah karya seorang dokter ahli kandungan dari perancis namanya Frederick Laboyer. buku ini bercerita tentang

Panduan klasik untuk mencapai sebuah proses kelahiran yang santun dan lembut yang merevolusi cara kita menyambut anak-anak kita ke dunia.

• dalam buku ini, dijelaskan secara ilmiah tentang apa yang ibu selalu tahu bahwa bayi manusia lahir selalulengkap dengan kemampuan untuk mengalami berbagai macam emosi.

• Menunjukkan bagaimana pencahayaan lembut, suasana yang tenang, dan mandi air hangat memungkinkan diberlakukan kepada bayi yang baru lahir untuk memudahkan fase transisi dari rahim ke dunia tanpa trauma atau takut.

buku ini merevolusi cara kita memandang sebuah proses kelahiran, mendesak kita untuk mempertimbangkan bagaimana idealnya sebuah proses kelahiran dari sudut pandang bayi . Mengapa bayi yang  dari rahim yang gelap dan tenang tiba tiba harus keluar atau lahir kedunia dalam kondisi cahaya menyilaukan dan suara yang keras ? Mengapa seorang bayi harus merasa di teror ketika ia hendak melakukan atau mengambil napas melalui paru parunya untuk pertama kali?Mengapa bayi harus  dipisahkan dari ibunya setelah menghabiskan sembilan bulan di dalam tubuh ibu?
buku ini menunjukkan kepada kita bagaimana kita dapat menciptakan lingkungan yang penuh ketenangan saat menyambut anak-anak kita: seorang ibu yang santai, pencahayaan lembut, suasana yang menenangkan, dan mandi air hangat yang mencerminkan lingkungan prenatal anak. Teknik sederhana Dr Leboyer ini menunjukkan kepada kita bagaimana kelahiran tanpa kekerasan memiliki implikasi yang luas untuk meningkatkan kualitas hidup manusia secara fisik, emosional, dan spiritual.

buku inilah yang membukakan mata saya tentang TRAUMA yang sering dialami oleh bayi baru lahir. dan saat membaca buku ini lembar demi lembar, serta melihat film nya, ada satu hal yang menarik yaitu….bagaimana seorang ibu dilatih untuk mengelola nafasnya dan energinya melalui suara dan getaran suara yang di hasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *