Juli 2011…Bidan Kita ada di Majalah Kesehatan Nirmala…dan saya sangat bersyukur sekali. trimakasih kepada mbak Dyah Pratitasari, Mas Uun, Kak Velma dan Dik Jose yang tak henti-hentinya semangat menyebarkan virus Gentle Birth di Indonesia.

pengalaman yang luar biasa karena saya boleh “nongol” di Nirmala dalam 1 boks. Trimakasih…

Dyah Pratitasari Gentle birth, ” Melahirkan” saya kembali

http://www.nirmalamagazine.com/articles/viewArticleCategory/25/page:1

Berawal dari ketertarikan saya pada water birth, saya menemukan gentle birth yang membuat saya mengalami bukan saja persalinan dengan rasa sakit yang tidak berarti, tapi juga rebirth sebagai seorang ibu.

Calon ibu mana yang tidak tertarik iming-iming melahirkan tanpa rasa sakit? Itu yang mengawali penelusuran saya tentang water birth, cara persalinan dalam air yang sedang ramai diberitakan media dan ditawarkan oleh beberapa klinik dan rumah sakit di Jakarta.

Naluri jurnalis mendorong saya untuk mengumpulkan  informasi. Hasilnya sungguh mencengangkan. Water birth memang menakjubkan karena membantu ibu dan anak lebih relaks dalam proses persalinan sehingga mengurangi rasa sakit kontraksi dan trauma kelahiran pada si bayi. Namun water birth ternyata hanyalah sebuah metoda atau cara persalinan minim trauma, sementara esensi di dalamnya adalah bagian dari konsep kehamilan dan persalinan alami -gentle birth- yang justru belum banyak diungkap.