hai, aku juga mau cerita lahiran anak pertamaku yang minim trauma.

Aku sudah follow instagram bude dari trimester 1, aku banyak terinsipirasi dari cerita² lahiran orang-orang  yg bude posting di feed, dari situ aku ingin memberdayakan diri, walau kenyataannya aku banyak santai nya hihi.

Aku baru mulai jalan santai di trimester 3, itupun kadang², Alhamdulillah kepala adek bayi sudah dibawah sejak trimester 3. karena aku malas banyak gerak, aku cuma main gymball aja liat di YouTube bidan kita dan bidan yg lain, squad juga kadang-kadang, ngepel jongkok juga kadang-kadang, pokoknya fokusku banyak jalan kaki dan gymball aja.

Hpl dari bidan 21 Juni, HPL USG terakhir 8/10 Juli. Di usia 38w Alhamdulillah kepala adek bayi sudah masuk panggul, waktu itu punggung janin ada di sebelah kanan, setelah tau ilmu dari bude klo posisi bayi yg optimal itu punggung nya disebelah kiri, aku ikutin gerakan² optimalisasi janin di YouTube bude dan bidan kriwil. Alhamdulillah 2 minggu kemudian check up ke bidan punggung bayi ada disebelah kiri

senang sekali rasanyaaaa..

Baca Juga  Birth Story Ranisya Wardhany

Mendekati HPL bidan belum ada tanda² persalinan, aku khawatir karena takut nanti harus di SC, induksi, atau digunting Miss v nya, aku inginnya se alami mungkin. Tapi aku ingat kata bude dan bidan yg lain bahwa hpl bukan hari paksa/pasti lahir jadi disatu sisi aku tenang. Kutunggu sampai hari H tapi belum juga ada tanda² persalinan, aku coba induksi alami makan nanas 4 buah dan durian itu juga cuma 1 hari haha.. sampai lewat hpl 1 Minggu belum juga ada tanda², padahal sudah jalan kaki 30 menit tiap pagi dan sore/malam, gymball tiap hari. Tpi aku tetap tenang walaupun sempat khawatir, karena ternyata dikampung ku yg telat hpl bukan cuma aku ajaa jadi aku ndak panik, aku juga yakin kalau sudah waktunya lahir InsyaaAllah lahir.

Pada tanggal 1 Juli hari Jumat jam 9 malam perutku sakit seperti nyeri haid aku pikir sebentar lagi lahiran ternyata malam itu aku bobo nyenyak, kemudian  pada  jam 11 siang perutku sakit lagi kayak semalem kemudian aku putuskan ke bidan, pas dicek ternyata baru pembukaan

pas dicek ternyata baru pembukaan 1 jari sempit, dikasih lah aku obat pelunak leher rahim. Pulang dari bidan aku beraktivitas seperti biasa, dan hari Minggu kubawa jogging dan keliling pasar, lumayan jauh dan lama sampai keluarga ku nanyain, emang masih kuat jogging? aku senyumin aja. pas perjalanan pulang aku kontraksi palsu sebentar, abis itu kayak biasa lagi. Siangnya abis bobo siang keluar lah lendir kotor banyak sekali, duh senangnyaaaa. Aku pikir bentar lg lahiran, kutunggu aja sampai aku bobo nyenyak lagi ternyata belum lahiran juga.

Baca Juga  Birth Story Tata & Family

besoknya pas aku lagi masak jam 6.30 aku mulai kontraksi asli, durasinya 10 menit 2x Alhamdulillah masih bisa nahan, masih bisa mandi, masak, makan, sholat. Karena kontraksi sudah mulai intens, jam 1 pergilah ke bidan dekat rumah langsung bawa diaper bag dan pas di VT ternyata sudah pembukaan 5 disuruh bidan jangan pulang suruh nunggu disana.

Lalu, aku di infus agar tidak dehidrasi dan suru miring kiri sambil nunggu gelombang cinta. Alhamdulillah dari situ kontraksi makin

intens dan nyeri, jam 3 aku minta cek VT karna udah makin nyeri pas dicek sudah pembukaan 7, terus bidan pecahin ketuban ku, sejak itu adek bayi sudah ngedesek² turun dan bener banget huhu rasa mules nya tidak terlupakan sampai sekarang wkwk. Sampe manggil bubidan, Bu kapaan lahiran nyaa ini saking ga nahan pengen ngeden , terus jam 4 sudah ga tahan pengen mengejan dan ada rasa pengen pup. Bilang lah sama bu bidan, Bu mau poop. Barulah bu bidan cek lagi ternyata sudah pembukaan lengkap, dan mulai lah ngeden sampai dedek lahir di jam 4.15 sore. Alhamdulillah adek bayi sehat sempurna dan ibunya juga sehat Alhamdulillah… Walau harus diobras wkwk karena dari awal hamil aku udah pasrah kalau harus dijahit karena usaha untuk perineum utuh kurang maksimal tapi gapapa ..

Baca Juga  Birth Story Sister Abigail

Banyak yg bilang lahirannya cepat untuk anak pertama dan tenang sekali hehe no drama apalagi cakar² suami atau teriak²..

Terimakasih bude dan bidan² lain atas ilmu² nya yg sangat bermanfaat ini 🙂

Semoga menginspirasi bumil yg lain~~

Yuk memberdayakan diri!!

Info: babygirl 3.1kg BB n TB 52cm

@/azizahokta.via