Ikut prenatal class terbukti membuat proses persalinan lebih lancar, aman nyaman, dan tanpa rasa sakit. Hypnobirthing prenatal class terbukti mampu menjawab kekhawatiran dan ketakutan ibu hamil dalam menghadapi rasa sakit pada saat proses persalinan.

Melahirkan tanpa rasa sakit, ini adalah impian tiap wanita. Sebagian besar orang berfikir bahwa itu adalah impian orang-orang berduit. Karena sebagian orang pasti pikirannya tertuju pada operasi Caesar. Pada operasi caesar proses persalinan si ibu akan nyaris tak terasa sakitnya (karena sebelumnya sudah dibius total) namun dibalik operasi yang biayanya berjuta-juta itu siapa yang sanggup. Namun kini metode melahirkan dengan aman, nyaman dan tanpa jerit  Auw dapat didapatkan melalui Hypnobirthing

“If You Want to Change the next generation, started to pregnant women” (d. Tb. Erwin Kusuma, Sp.KJ).

 

Kehamilan.Adalah suatu proses Alami yang pasti terjadi oleh semua wanita normal..suatu reaksi berantai yang sangat mengagumkan dan membentuk ikatan seumur hidup yang takkan terpisahkan. Relaksasi dan Hypnobirthing adalah upaya untuk meningkatkan ketenangan selama hamil, proses melahirkan dan masa nifas.

“NGERI….NYERI…..SAKIT….TAKUT…” Kalimat- kalimat ini yang sering terpikirkan bahkan terucapkan oleh sebagian besar dari seorang wanita yang sedang hamil dan hendak bersalin…Banyak sekali alasannya mengapa mereka berfikir demikan, mungkin karena trauma masa lalu atau mungkin karena suatu dogma yang sudah puluhan tahun tercipta.

Rasa nyeri saat melahirkan bisa disebabkan oleh ketakutan. Namun, rasa nyeri itu kini dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan sama sekali. Lewat sebuah proses latihan relaksasi dan metode hypnobirthing, Lanny Kuswandi memperkenalkan cara melahirkan tanpa rasa sakit.

Untuk mengatasi kecemasan itu Lanny Kuswandi mengembangkan teknik relaksasi dan hypnobirthing yang disadapnya dari berbagai pusat latihan di Amerika Serikat. Menurut Lanny, persalinan yang normal selayaknya berlangsung lancar

Menurut Dr. Tb. Erwin Kusuma, Sp. KJ, rasa cemas pada banyak orang dewasa sekarang adalah akibat dari rekaman getaran kehidupan mereka sejak dalam kandungan. Padahal, bayi di dalam kandungan perlu mendapat ketenangan dan kedamaian dari ibunya. Getaran seperti itulah yang akan terekam sampai usia dewasa.

 

Apakah sebenarnya hypnobirthing?..

v Berasal dari kata Yunani Hypnos (tidur/pikiran tenang )

v Birthing adalah proses kehamilan sampai melahirkan.

v Dikembangkan oleh Marie Mongan sejak tahun 1959.

v Hypnobirthing adalah upaya alami menanamkan niat kepikiran bawah sadar untuk menghadapi persalinan dengan tenang dan sadar

HypnoBirthing merupakan sebuah paradigma baru dalam pengajaran melahirkan secara alami. Teknik ini mudah dipelajari, melibatkan relaksasi yang mendalam, pola pernapasan lambat dan petunjuk cara melepaskan endorfin dari dalam tubuh (relaksan alami tubuh) yang memungkinkan calon ibu menikmati proses kelahiran yang aman, lembut, cepat dan tanpa proses pembedahan.

HypnoBirthing dicetuskan berdasarkan buku yang ditulis oleh pakar ginekologi Dr. Grantly Dick-Read, yang mempublikasikan buku Childbirth Without Fear pada 1944. Terapi HypnoBirthing selanjutnya dikembangkan oleh Marie Mongan, pendiri HypnoBirthing Institute.

Terapi ini mengajarkan para ibu untuk memahami dan melepaskan Fear-Tension-Pain Syndrome yang seringkali menjadi penyebab kesakitan dan ketidaknyamanan selama proses kelahiran

Hypnobirthing bermanfaat bagi semua keluarga, termasuk mereka yang karena memang mengalami suatu keadaan khusus, berada dalam kategori resiko tinggi jika persalinan mereka berlangsung tidak seperti yang diharapkan. Hypnobirthing membuat orang tua menjadi lebih tenang, rileks, dan memegang kendali saat mereka membahas berbagai pilihan yang ada, mengevaluasi situasi dan mengambil keputusan mengenai persalinan. Suasana hati yang tenang dan damai dapat membuat pemulihan ibu menjadi lebih mudah dan sempurna. (Mongan, 2007)

Hypnobirthing membantu ibu hamil membingkai harapan yang positif dan mempersiapkan persalinan dengan menciptakan rasa percaya dan keyakinan pada tubuh sendiri dan pada keselarasan yang alam demonstrasikan dalam persalinan

Bagaimana HypnoBirthing Bekerja???

Proses HypnoBirthing bekerja berdasarkan kekuatan sugesti. Proses ini menggunakan afirmasi positif, sugesti dan visualisasi untuk menenangkan tubuh, memandu fikiran, serta mengendalikan nafasnya. Pasien ibu hamil dapat melakukan ini sendiri (self hypnosis) atau dengan pimpinan pendamping persalinan / bidan. Bisa dengan memberikan afirmasi verbal yang membantu untuk memasuki kondisi tenang (calm state) dari hypnosis. Bisa juga dilakukan melalui visualisasi (membayangkan bunga yang bermekaran, melihat apa yang akan terjadi kepada seseorang dll) maupun dengan mengunakan gerakanidio motor untuk mencapai relaksasi.

Ada 4 teknik dasar Hypnobirthing yaitu:

1. Pernafasan

2. Relaksasi