Apa itu Hypno-birthing?

Relaksasi dan hypno-birthing adalah upaya untuk meningkatkan ketenangan dan kedamaian selama hamil, proses melahirkan, masa nifas, masa menyusui dan pada saat membina anak dan balita.

Hypno-birthing merupakan sebuah paradigma baru dalam metode persalinan secara alami. Merupakan salah satu teknik otohipnosis (swasugesti) dalam menghadapi persiapan melahirkan yang berfungsi membantu calon ibu melalui masa kehamilan dan persalinannya dengan cara alami, aman dan nyaman, tanpa rasa sakit.

 

Relaksasi dan hypnobirthing mengajarkan kita untuk menjalankan teknik relaksasi yang alami, sehingga tubuh dapat bekerja dengan seluruh syaraf secara harmonis, dan dengan kerja sama penuh bukannya melawan. Wanita hamil yang terlatih relaksasi akan mampu “merasakan” dan ber”komunikasi” dengan seluruh organ perangkat proses persalinannya, seperti otot-otot rahim dengan kontraksinya, mulut rahim dengan proses pembukaannya, sehingga terbentuk kerjasama yang manis, yang bisa membuat proses keluarnya bayi berjalan lancar tanpa rasa sakit.

Latihan Relaksasi dan hypnobirthing juga membuat wanita terbiasa peka terhadap janinnya, dan mampu memahami “pesan” yang disampaikan sang janin pada bundanya. Latihan-latihan hypnobirthing yang dilakukan sambil mengelus lembut permukaan perut serta afirmasi yang terus diucapkan, membuat hubungan batin antara bunda dan janin terjalin erat. Menjelang waktunya bersalin, bunda dan janin bisa mengikatjanji, berkompromi, sepakat untuk bekerjasama melewati saat-saat bersejarah bersama. Sebuah “penguat” yang tidak ada tandingannya, yang membuat wanita hamil akan dengan percaya diri menjalani proses persalinannya.

Kapan Saya Harus Mulai Mengikuti Kelas Relaksasi Hypno-birthing?

Relaksasi Hypnobirthing dapat dimulai kapan saja. Karena pada dasarnya lebih dini lebih baik.

Hanya saja biasanya klien yang ikut kelas relaksasi hypno-birthing dengan tujuan ingin bersalin nyaman dan tanpa rasa sakit datang pada umur kehamilan lebih dari 32 minggu. Dengan alas an pada session ke dua dan ketiga klien akan diajarkan tehnik berkomunikasi dengan janin. Diharapkan dengan umur kehamilan trimester ke-3 klien lebih bisa merasakan “reaksi dan respon” janinya selain itu klien akan lebih focus (tidak lupa)

Namun tidak menutup kemungkinan dimulai kapan saja apalagi apabila Anda punya masalah seperti:

Mual muntah /hyperemesis gravidarum Pusing/vertigo Bayi sungsang Plasenta previa Kelainan posisi janin Kecemasan Perdarahan Sebaiknya secepatnya setelah Anda mendapatkan diagnose tersebut. Agar Anda masih punya banyak waktu untuk “memperbaiki”.

Apa Manfaat Mengikuti Kelas Relaksasi Hypno-birthing?

*** Untuk Bunda:

Mengurangi rasa sakit dengan kadar yang sangat besar hingga tidak terasa sama sekali. Mengurangi kemungkinan adanya komplikasi kehamilan yang dipengaruhi factor stress dan depresi Proses persalinan akan berjalan nyaman, lancar dan relative lebih cepat Mengurangi Resiko Terjadinya Komplikasi Membantu menormalkan tekanan darah ibu Mengurangi kemungkinan diambilnya tindakan episiotomy Ibu akan lebih merasakan ikatan batin dan emosi dengan janinnya. Ibu dapat merasakan ketenangan dan kenyamanan saat proses persalinan Ibu lebih dapat mengontrol emosi dan perasaannya Mencegah kelelahan saat proses persalinan Bayi yang lahir tidak akan kekurangan oksigen sehingga menjadi lebih sehat Melatih ibu untuk dapat berkomunikasi dengan janinnya Menghilangkan ketidaknyamanan selama masa kehamilan dan selama proses persalinan Meningkatkan produksi ASI Mencegah terjadinya baby blues Mempercepat pemulihan masa nifas Mempercepat penyembuhan luka bekas SC *** Untuk Bayi:

Bayi lebih tenang Pertumbuhan janin lebih sehat karena keadaan tenang akan memberikan hormon-hormon yang seimbang ke janin lewat plasenta. Getaran tenang dan damai akan dirasakan oleh janin. Dan ini merupakan dasar dari perkembangan jiwa (Spiritual Quotient) Pertumbuhan janin lebih sehat karena keadaan tenang akan merangsang hormone dalam tubuh untuk bekerja secara seimbang ke janin melalui plasenta Bayi lebih pintar dan cerdas karena Kondisi tenang dan damai selama hamil, dirasakan oleh janin didalam kandungan sebagai upaya membentuk SQ ( Spiritual Quotient/ nilai kedamaian diri )

*** Untuk suami juga lho:

Suami/pendamping persalinan menjadi lebih tenang dalam mendampingi proses persalinan. Emosi suami akan menjadi lebih stabil dalam kehidupan sehari-hari Membantu memperbaiki dan memperkuat hubungan dan ikatan batin antara istri suami serta bayi yang dikandung. Aura positif dan tenang yang dimiliki oleh suami/pendamping persalinan akan mempengaruhi aura ibu bersalin dan orang-orang disekitarnya