Relaksasi adalah teknik untuk mencapai kondisi rileks. Metode relaksasi hypno-birthing akan sangat bemanfaat bagi mereka selama proses melahirkan. Pada saat ibu hamil beristirahat dalam keadaan duduk atau terbaring rileks, otot-otot dinding perut dan rahim juga dalam keadaan rileks. Ini akan meningkatkan aliran darah ke rahim dan meningkatkan jumlah oksigen dan zat-zat gizi yang dibutuhkan bayi. Selain itu, akan memberikan bayi lebih banyak ruang gerak. Umumnya bayi akan mengetahui hal ini dan menyukainya.

 

 

 

Berikut ini langkah mudah untuk mendapatkan sensasi relaksasi:

Hilangkan Ketegangan Diri Anda

Untuk rileks dan menghilangkan ketegangan dalam tubuh, alihkan perhatian anda ke berbagai bagian tubuh anda, seperti dari kepala ke ibu jari anda. Hal ini biasa di sebut “scanning”. Fokuslah pada setiap bagian selama 5 – 15 detik, pastikan benar-benar rileks sebelum pindah ke bagian berikutnya. Misalnya anda bisa mulai dengan bagian atas kepala anda, kemudian dahi, maka mata, pipi, mulut, rahang, leher, dan sebagainya.

Mata Tertutup

Tutuplah mata untuk mengurangi masukan pada otak yang tidak di inginkan. Menutup mata menghilangkan sekitar 80% dari input eksternal otak.

Atur Posisi Mata

Pengaturan posisi mata adalah cara yang bagus untuk membantu membawa pikiran ke suatu keadaan yang tenang. Bila anda menengadah, bagian visual dalam otak akan terangsang. Itulah sebabnya banyak orang melihat ketika mereka mencoba untuk memecahkan masalah matematika, atau mencoba mengingat sesuatu yang di dengar. Jadi, bila anda menutup mata anda, pindahkan sedikit ke atas. Hal ini memicu otak anda untuk mulai memproduksi sejumlah besar gelombang otak Alpha. Bagi banyak orang, posisi alami mata (pada saat tertupan) sedikit ke atas. Angkat bola mata anda ke atas lebih banyak, tetapi jangan di paksakan sehingga tidak nyaman. Mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri, sehingga jika anda merasa tidak nyaman, biarkan mata beristirahat pada posisi biasanya.

Count Down

Menghitung mundur (di kepala anda) dari 10, 20, 50 atau 100 adalah cara yang tepat untuk membuat rileks tubuh anda dan membantu memfokuskan pikiran anda. Dianjurkan untuk menghitung mundur seperti ini:

“Sepuluh .. saya semakin relaks setiap saya menghitung mundur. … Sembilan, pada hitungan nol Aku benar-benar santai, delapan…. Pikiran dan tubuh saya benar-benar santai pada hitungan 0 ……” dan sebagainya.