Pengertian Morning Sickness

Mual muntah saat kehamilan atau yang biasa disebut morning sickness merupakan salah satu keluhan yang seringkali dialami ibu hamil, terutama di trimester pertama, bahkan mual muntah ini seringkali dijadikan salah satu tanda kehamilan. Namun, apa sebenarnya morning sickness? apa penyebabnya? apakah ada cara untuk mencegahnya atau mengatasinya? Kali ini kita akan membahas serba serbi mengenai morning sickness.

Morning sickness dan hyperemesis gravidarum

Morning sickess adalah kondisi mual muntah yang seringkali terjadi di trimester pertama kehamilan. Walaupun namanya morning sickness, namun kondisi ini dapat berlangsung sepanjang hari dan tidak hanya terjadi di pagi hari.

Kondisi ini sangat umum dialami ibu hamil, bahkan menurut survey, sekurangnya 7 dari 10 ibu hamil mengalami morning sickness di trimester pertama kehamilan (3 bulan pertama). Kondisi ini biasanya dimulai pada sekitar umur kehamilan 6 sampai 6 minggu. Biasanya, gejala akan memuncak di umur kehamilan 10 minggu dan mulai berkurang di umur kehamilan 12 sampai 16 minggu. Di trimester kedua, kondisi ini biasanya akan membaik, namun adapula beberapa kasus dimana seorang ibu mengalami morning sickness sepanjang kehamilan.