Adanya tambahan anggota baru di keluarga Anda dapat menjadi masa-masa yang berat bagi para orang tua, terutama di minggu-minggu pertama setelah Anda melahirkan. Tidak sedikit orang tua yang merasa kesusahan mencari waktu hanya untuk sekedar makan, tidur, atau bahkan mandi di minggu-minggu pertama setelah kedatangan si kecil. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam menghadapi masa masa postpartum.

  • Buat Postpartum Plan

Saat Anda hamil, apabila Anda sudah mengikuti Bidan Kita, Anda akan merasakan betapa pentingnya membuat birth plan. Nah, postpartum plan juga tidak kalah pentingnya. Postpartum plan Anda dapat merupakan daftar sederhana mengenai nomor-nomor penting seperti provider, dokter anak, doula, konsultan ASI, dan orang orang yang dapat membantu Anda di masa postpartum, atau merupakan sesuatu yang lebih detail dan komprehensif, seperti daftar makanan yang harus disiapkan sebelum si kecil lahir, daftar belanja kehidupan sehari hari, daftar pilihan delivery makanan, jadwal bermain dengan si kakak, daftar kebutuhan si kakak, aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengisi energi Anda dan pasangan Anda, aktivitas untuk menjaga keeratan hubungan Anda dengan pasangan Anda, daftar orang yang dapat dimintai bantuan larut malam, dan lainnya.

  • Prioritaskan kebutuhan Anda

Tidak ada salahnya egois sejenak di masa kehamilan dan postpartum karena Anda dapat memberikan yang terbaik bagi bayi Anda hanya apabila Anda merasa aman, bahagia, dan didukung. Ini juga berarti mendapat istirahat dan nutrisi yang cukup serta pikiran yang tenang, jadi jangan takut untuk meminta dan mendapatkan sesuatu yang Anda inginkan, baik secara fisik, mental, atau emosional. Ingatlah bahwa ibu dan bayi yang bahagia lebih berharga daripada dapur atau karpet yang bersih.

panduan-audio-hypnofertility-ads
  • Rencanakan kebutuhan makan Anda

Buatlah rencana makanan Anda dan pasangan Anda untuk hari berikutnya. Anda juga dapat memasak dalam jumlah besar dan menyimpannya di kulkas sehingga Anda dapat tinggal memanaskannya besok. Hal ini dapat sangat memudahkan dan menghemat waktu Anda sehingga Anda dan pasangan Anda tidak harus selalu mengkonsumsi mie instan selama masa postpartum. Apabila Anda masih merasa kesulitan dan Anda punya uang lebih, Anda dapat menggunakan jasa katering untuk memenuhi kebutuhan Anda dan pasangan Anda selama masa postpartum.

  • Istirahatlah

Hadirnya si kecil di rumah dapat menjadi tantangan tersendiri bagi Anda dan suami Anda, terutama dalam hal jam tidur. Saat bayi Anda lahir, bayi Anda belum memiliki kemampuan untuk membedakan antara pagi dan malam (kemampuan ini biasanya mulai berkembang ketika si kecil mulai berusia 3 bulan). Hal ini dapat menyebabkan pagi dan malam Anda menjadi tertukar sehingga Anda dan pasangan Anda tidak dapat mendapat istirahat yang cukup. Salah satu tips untuk menghadapi masa-masa ini adalah mengabaikan jam di smartphone dan rumah Anda dan tidur setiap bayi Anda tidur. Anda dapat meminta bantuan orang-orang di sekitar Anda, memperkerjakan orang, atau bergantian dengan pasangan Anda untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Hal ini dapat membantu Anda dan pasangan Anda untuk mendapatkan waktu tidur tambahan.

  • Buat batasan

Teman dan keluarga Anda mungkin merasa excited dengan lahirnya si kecil, tentu saja Anda tidak ingin mengacaukan kebahagiaan mereka, namun Anda juga harus menjaga perasaan Anda agar Anda tidak merasa overwhelmed segera setelah Anda melahirkan manusia kecil di dunia. Beberapa orang ingin ditemani segera setelah persalinan, namun adapula orang yang ingin menunggu beberapa hari atau bahkan minggu sebelum akhirnya menunjukkan si kecil ke orang-orang. Komunikasikan hal ini dengan teman teman dan keluarga Anda untuk menghindari kesalahpahaman dan konflik dimasa-masa ini.

  • Minta bantuan

Ingatlah bahwa Anda tidak perlu melalui semua ini sendiri. Mintalah bantuan apabila Anda memerlukannya. Ingatlah bahwa di masa-masa ini, setiap bantuan berarti dan Anda tidak perlu merasa malu untuk meminta bantuan.

  • Turunkan ekspektasi

Turunkan ekspektasi Anda mengenai kehidupan sebagai orangtua baru. Berikan diri Anda waktu dan ruang secara mental dan emosional untuk mengalami apapun yang terjadi di masa postpartum Anda baik positif maupun negatif.

  • Lakukan hal yang Anda sukai

Sisakan waktu Anda untuk melakukan hal hal yang Anda sukai. Anda dapat pergi ke salon, berenang, makan siang di cafe sendiri, bertemu dengan teman Anda, dan lainnya. Hal ini dapat membantu Anda untuk lebih rileks dan merasa lebih segar sehingga Anda dapat merawat si kecil dengan lebih baik dan tentunya dengan perasaan yang lebih bahagia.

  • Cari dukungan

Cari dukungan di sekitar Anda, entah itu teman, saudara, support group, keluarga, atau pasangan Anda sekalipun. Carilah tempat dimana Anda dapat bercerita, bertanya, mengeluh, dan meminta bantuan. Ingatlah bahwa Anda tidak sendirian.