Suasana hati Anda kemungkinan besar juga akan naik turun, membuat Anda senang namun bisa jadi tiba tiba menangis. Ini semua normal.

Ingatlah bahwa Anda juga akan mengalami kurang tidur, menyusui terus menerus sampai pegel, dan mungkin ditambah harus mengurus anak-anak lainnya.

Perawatan diri atau SELF CARE menjadi SANGAT penting pada fase ini.

 

panduan-audio-hypnofertility-ads

Alasan Pemulihan Anda Mungkin memakan waktu Lebih Lama

Jika Anda bertanya-tanya mengapa Anda merasa tidak bisa segera kembali normal, tidak seperti saudara ipar Anda atau tetangga Anda yang beberapa hari setelah melahirkan sudah langsung bisa pergi sendiri kepasar sembari menggendong bayinya. Berikut beberapa alasan mengapa pemulihan Anda mungkin menjadi lebih lama dari yang lain.

  • Proses persalinan yang Sulit

Beberapa persalinan pervaginam berjalan lancar, tetapi ada juga beberapa ibu yang mengalami berbagai intervensi atau bahkan komplikasi; operasi caesar secara harfiah adalah operasi perut besar.

Proses persalinan sangat melihatkan fisik dan emosi. Jika Anda merasa “mistreated” selama persalinan, jika Anda atau bayi Anda mengalami kesulitan atau masalah atau komplikasi, atau jika Anda tidak mendapatkan jenis kelahiran yang Anda harapkan, mungkin ada akan merasakan gangguan emosional. Dalam beberapa kasus, depresi, kecemasan, atau gangguan stres pasca melahirkan termasuk trauma dapat terjadi.

  • Kebutuhan Perawatan Medis

Merawat jahitan bedah caesar, mengelola kondisi kesehatan sebelumnya, mengobati pembengkakan kelenjar ASI, megatasi produksi ASI yang sedikit, atau mastitis, dan menangani masalah wasir dan sembelit yang mungkin muncul setelah proses melahirkan, semuanya memakan waktu dan menguras tenaga. Jika Anda mencurahkan banyak waktu untuk merawat itu semua di sela-sela merawat bayi Anda, pemulihan Anda bisa memakan waktu lebih lama.

  • Bukan Pertama Kali

Biasanya ibu yang baru pertama kali melahirkan, dia  berada dalam kondisi prima sebelum kehamilan sehingga untuk Kembali ke bentuk tubuh dan stamina sebelum melahirkan, memakan waktu lebih cepat. Dan pad aibu yang baru pertama kali melahirkan, biasanya Anda hanya focus pada 2 hal taitu bayi Anda dan tubuh Anda. Namun, jika Anda adalah ibu kedua atau ketiga kalinya bahkan ke lima kalinya, perlu waktu lebih lama untuk PULIH secara keseluruhan. Selain karena tentu saja Anda sudah berusia lebih tua, dengan stamina yang menurun, Anda bisa jadi tidak bisa hanya focus pada diri Anda dan bayi baru lahir , namun juga harus membagi perhatian dengan sang kakak.

  • Kurangnya dukungan

Menjadi orang tua itu tidak mudah, terlebih lagi jika Anda melakukannya sendiri aliyas tidak mempunyai asisten rumah tangga. Tidak adanya sistem dukungan dari teman dan keluarga yang peduli dapat memperpanjang masa pemulihan pasca persalinan karena Anda akan menangani semuanya sendiri (mulai dari memasak hingga bersih-bersih hingga tugas lai)

  • Anak-Anak Lain di Rumah

“Tidurlah saat bayi Anda tidur” hanya nasihat yang baik jika bayi Anda tidak memiliki saudara kandung. Saat Anda mempunyai anak lebih dari 1, tentu Anda harus berperan bagaikan “MAMAK GURITA” dimana semua orang dirumah hanya punya satu keyword = MAMA. Dan Anda harus ada segera Ketika anggota keluarga mengucapkan keyword tersebut.