ASPEK yang Perlu di Perhatikan

Ada Aspek Aspek tertentu yang harus diperhatikan pada saat melakukan pemijatan pada ibu hamil, antara lain:

  1. Aktivitas Janin: Janin dapat menjadi sangat aktif selama proses  pemijatan, dan terkadang membuat ibu lebih sulit untuk rileks. Bersiaplah untuk membantu klien mengubah posisi ke sisi lain jika perlu untuk mencoba menenangkan janin.
  2. Musik: tawarkan kepada klien jenis musik yang nyaman baginya selama sesi pijat jika ia berencana menggunakan musik selama persalinan, Anda bisa menyarankan klien untuk mensetel play list yang sudah klien siapkan. Ketika ia mengaitkan sentuhan dan relaksasi dengan musik tertentu, ia mungkin mendapati dirinya secara otomatis rileks ketika mendengarnya saat persalinan.
  3. Cairan tubuh: Wanita hamil dan postpartum dapat saja mengeluarkan cairan tubuh seperti cairan ketuban, ASI, atau darah. Sediakan sarung tangan untuk melakukan tindakan pencegahan universal jika Anda menemukan cairan ini di seprai Anda. atau setidaknya siapkan tissue untuk menseka cairan tersebut . misalnya saat dilakukan pemijatan, ASI keluar.
  4. Kipas/AC: Banyak wanita hamil menderita sinus yang tersumbat karena volume darah meningkat dan pembuluh darah melebar. Coba gunakan kipas angin untuk meniupkan udara segar di wajahnya selama pijatan, untuk sementara waktu mengurangi sensasi pengap. Namun tetap tawarkan pada klien, besar kecilnya volume kipas yang paling nyaman untuknya
  5. Kamar kecil: Kamar kecil harus mudah diakses dan ditawarkan kepada klien sebelum, di tengah, dan setelah pijat. Tekanan dari bayi di kandung kemih meningkatkan urgensi, inkontensi, dan frekuensi.
  6. Aroma: Wanita hamil sering sensitif terhadap bau. Jangan gunakan minyak wangi, aromaterapi, atau dupa  beraroma menyengat. ada baiknya Anda tawarkan terlebih dahulu aroma yang disukai oleh klien. supaya klien lebih mudah merasakan sensasi relaksasi
  7. Selain beberapa hal diatas, beberapa alat yang perlu disiapkan adalah:
  • Kain katun, untuk menselimuti seluruh bagian tubuh ibu
  • Beberapa handuk untuk menutupi area payudara dan panggul
  • Bantal: Setidaknya tiga hingga lima bantal diperlukan, sebagai berikut: bantal satu kepala, satu lengan, bantal perut (handuk gulung kecil, irisan, atau bantal tipis), dan  bantal  untuk menopang kaki.
  • Minyak & Aromaterapi, pastikan EO yang aman, boleh dan tidak boleh untuk ibu hamil
  • Stepstool / pijakan kaki yang mungkin di perlukan untuk naik ke bed massage

panduan-audio-hypnofertility-ads