Mulailah secara perlahan, ijinkan diri Anda untuk merasa terangsang tanpa adanya tekanan untuk melakukan penetrasi seks dan tekanan untuk orgasme. Berkencanlah dengan pasangan Anda, luangkan waktu khusus untuk dapat berdua dengan pasangan Anda, lakukan hal yang sering Anda lakukan sebelum adanya si kecil. Berpelukanlah, berpergangan tangan, obrolkan kenangan kenangan Anda, dan apabila Anda sudah siap, mulailah secara perlahan. Komunikasikanlah dengan pasangan Anda apabila Anda belum siap untuk penetrasi seks, Obrolkan mengenai semua ketakutan, kekhawatiran, dan keinginan Anda mengenai hal ini untuk menghindari kesalah pahaman. Ingatlah bahwa berhubungan seks tidak terbatas pada penetrasi, tingkatkan durasi pemanasan (foreplay) Anda, bermainlah dan bereksplorasilah untuk menemukan cara dan posisi yang paling nyaman dan nikmat untuk Anda dan pasangan Anda.

Masalah yang sering terjadi dan cara mengatasinya

Berikut ini adalah masalah yang seringkali terjadi mengenai seks pasca persalinan dan cara mengatasinya:

panduan-audio-hypnofertility-ads
  • Seks pasca persalinan yang menyakitkan

Solusi: Anda mungkin sering mendengar mengenai hubungan seks pasca persalinan yang menyakitkan atau bahkan merasakan bahwa Anda kesakitan saat berhubungan seks dengan pasangan Anda.

Beberapa ibu merasakan bahwa rasa sakit saat berhubungan seks pasca persalinan hanyalah sementara dan dapat dengan mudah diatasi dengan tambahan pelumas, namun, adapula para ibu, terutama yang mengalami robekan yang cukup parah selama persalinan merasakan bahwa rasa sakit yang dirasakan dapat sangat intens dan tahan lama. Apabila Anda masuk di golongan kedua, berbaik hatilah dengan diri Anda, komunikasikanlah dengan pasangan Anda dan lakukan hubungan seks tanpa penetrasi untuk sementara waktu, lakukan pemanasan (foreplay) lebih lama dari biasanya, dan cobalah untuk tetap rileks. Kuncinya adalah untuk melakukannya secara perlahan-lahan. Ingatlah untuk mengkomunikasikannya dengan pasangan Anda untuk mencari posisi dan cara yang paling nyaman dan nikmat bagi Anda dan pasangan Anda. Disela-sela, lakukanlah latihan kegel secara teratur untuk memperkuat otot dasar panggul Anda dan lakukanlah relaksasi secara rutin. Apabila Anda tidak menemui kemajuan atau rasa sakit Anda tidak kunjung menghilang bahkan setelah melakukan hal diatas selama sebulan atau bahkan lebih, konsultasikanlah dengan provider Anda untuk menemukan sumber kesakitan Anda, seperti jaringan luka di area robekan, jahitan yang terlalu kencang, atau bahkan infeksi.

  • Hilangnya libido setelah melahirkan

Solusi: Setelah persalinan, tingkat hormon estrogen dan progesteron Anda akan menurun, selain itu, Anda akan disibukkan dengan kedatangan anggota baru dalam keluarga Anda. Hal ini dapat menyebabkan libido Anda menurun sehingga Anda tidak memiliki keinginan untuk berhubungan seksual setelah melahirkan. Hal ini terkadang dapat membuat hubungan Ana dan pasangan Anda dapat menjadi renggang dan lebih rentan dengan kesalahpahaman. Cara yang paling baik untuk membangun keintiman dan kemesraan dengan pasangan Anda adalah dengan komunikasi yang jujur dan terbuka. Ungkapkan perasaan dan kekhawatiran Anda dengan pasangan Anda unruk menghindari kesalahpahaman. Jadwalkan waktu khusus dan berkencanlah dengan pasangan Anda. Mintalah bantuan saudara atau orang tua Anda untuk menjaga si kecil untuk sementara waktu. Lalu, ijinkan komunikasi itu berkembang menjadi keintiman secara fisik seperti berpelukan, bergandengan tangan, pijatan, ciuman, dan sebagainya untuk mengembalikan perasaan romantis seperti saat sebelum si kecil lahir. 

  • Payudara yang “mentheng-mentheng” atau terasa penuh dan ASI yang keluar tiba tiba

Solusi: Cobalah untuk memompa payudara Anda atau menyesui terlebih dahulu sebelum berhubungan seksual sehingga payudara Anda tidak terasa penuh dan sensitif. Anda juga dapat menggunakan bra menyusui atau tank top selama berhubungan seksual untuk menyangga payudara Anda. 

  • Seks tidak senikmat sebelumnya

Solusi: Anda mungkin merasa bahwa vagina Anda terasa berbeda setelah melahirkan dan hal ini merupakan hal yang normal. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan latihan kegel secara teratur. Kabar baiknya, Anda dapat melakukan latihan ini dimanapun dan kapanpun. Tentukan jadwal tertentu untuk melakukan kegel, contohnya lakukan kegel setiap Anda menonton TV, atau lakukan kegel setiap Anda menyetir di mobil, dan lain sebagainya.

  • Anda merasa insecure dengan tubuh Anda

Solusi: Tubuh Anda mengalami perubahan yang luar biasa selama kehamilan dan persalinan dan merasa insecure dengan tubuh Anda di masa-masa postpartum sangatlah normal. Di masa-masa seperti ini, cobalah untuk berempati dengan diri Anda, lakukan hal yang Anda sukai, luangkan waktu untuk merawat diri Anda seperti berolah raga, memakai skincare, makeup, berbelanja, dan lainnya. Carilah dukungan dan ceritakan keluh kesah Anda dengan pasangan Anda atau dengan orang terdekat Anda. Mengikuti support group virtual atau forum untuk para ibu juga dapat membantu Anda untuk merasa lebih bangga dan percaya diri.