Prolaps vagina merupakan kondisi yang terjadi ketika otot di panggul Anda tidak cukup kuat untuk menyangga organ-organ di area panggul. Hal ini menyebabkan vagina Anda jatuh dari tempat yang seharusnya. Vagina, yang juga biasa disebut dengan jalan lahir, merupakan suatu terowongan yang menghubungkan rahim Anda dengan dunia luar. Vagina Anda adalah salah satu organ yang berada di area panggul di tubuh Anda. Organ-organ yang berada di area panggul ini ditahan dan disangga oleh rangkaian otot, jaringan, dan ligamen. Otot-otot inilah yang dinamakan otot dasar panggul. Sepanjang hidup Anda, karena beberapa alasan, otot dasar panggul ini dapat melemah, dan hal ini membuat organ Anda merosot atau jatuh ke ronga-rongga kosong. Hal inilah yang dinamakan prolaps.

Prolaps dapat bermacam macam berdasarkan jenis dan tingkat keparahannya. Prolaps ringan dinamakan prolaps tidak lengkap, sedangkan prolaps yang parah dinamakan prolaps lengkap. Prolaps lengkap berarti organ Anda sudah melorot atau jatuh secara signifikan dari tempat yang seharusnya. Prolaps lengkap dapat membuat organ Anda mencuat dari tubuh Anda melalui vagina dan anus Anda.

Tipe-tipe prolaps

panduan-audio-hypnofertility-ads

Terdapat berbagai macam prolaps. Prolaps dapat dikategorikan berdasarkan jenis organ yang merosot dan tempat dimana organ tersebut merosot. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists(ACOG), prolaps dapat digolongkan menjadi:

  • Vaginal vault prolapse (Apical prolapse): prolaps tipe ini terjadi ketika bagian atas vagina jatuh ke saluran vagina. Hal ini biasanya terjadi pada para wanita yang pernah melakukan histerektomi (operasi pengangkatan rahim).

  • Prolaps rahim / prolaps uteri: prolaps tipe ini juga sering disebut dengan istilah turun peranakan. Dalam prolaps tipe ini, rahim Anda melorot, masuk, dan menonjol ke vagina Anda.

  • Cystocele (Anterior vaginal prolapse): dalam prolaps tipe ini, kandung kemih Anda turun ke area vagina. Prolaps tipe ini biasanya ditandai dengan adanya tonjolan pada vagina. Prolaps tipe ini seringkali juga diiringi dengan urethrocele, yang merupakan kondisi dimana uretra Anda menonjol atau menyelip ke vagina Anda.

  • Rectocele (Posterior vaginal prolapse): prolaps tipe ini adalah kondisi dimana rektum menonjol ke luar sampai ke area vagina.

  • Enterocele: prolaps tipe ini sering juga disebut dengan hernia vagina. Hal ini terjadi ketika usus kecil turun ke dalam rongga panggul dan mendorong bagian atas vagina sehingga menciptakan suatu tonjolan. Kondisi ini pada umumnya sering terjadi pada wanita yang pernah melakukan histerektomi (operasi pengangkatan rahim). 

Apa penyebabnya?