Olahraga Apa Saja Yang Bisa Dilakukan?

Tetap aktif setelah melahirkan merupakan hal sederhana yang dapat Anda lakukan yang akan menghindarkan Anda dari berbagai masalah seperti kelelahan, penggumpalan darah, insomnia, stress, dan bahkan postpartum depression. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai postpartum depression, klik disini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penggumpalan darah pasca persalinan, klik disini.

Menurut Penelitian

Menurut para ahli, Anda dapat mulai melakukan latihan kegel dan berjalan-jalan santai mulai dari 24 jam bertama setelah Anda melahirkan. Anda pada umumnya dapat melakukan jalan-jalan santai selama 30 menit setiap harinya setelah persalinan, namun apabila persalinan Anda sebelumnya cukup rumit atau apabila Anda melahirkan dengan operasi sesar, Anda dapat berjalan-jalan santai selama 5 menit setiap harinya di minggu-minggu pertama. Yang paling penting adalah beranjak dari tempat tidur Anda dan menggerakkan badan Anda, bahkan dengan hanya berjalan ke dapur atau mengelilingi kasur Andapun sudah sangat membantu.

Kapan Sebaiknya Olahraga?

Apabila Anda ingin melakukan olahraga yang lain, ingatlah untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan provider Anda dan dengarkan tubuh Anda.

Apabila Anda sebelumnya melahirkan normal tanpa komplikasi apapun, selama Anda tidak mengalami gejala-gejala yang berbahaya seperti sakit di area perut, vagina, pendarahan, inkontinensia urin, atau prolapse vagina, Anda dapat memulai latihan ringan yang tentunya telah dimodifikasi segera setelah Anda melahirkan (tentunya dengan seijin provider kesehatan Anda). Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai inkontinensia urin, klik disini. Sedangkan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai prolapse vagina, klik disini.

Apabila Anda melahirkan normal namun mengalami robekan, Anda mungkin akan memerlukan 2-3 minggu untuk fase penyembuhan apabila robekan Anda cukup parah. Di masa-masa penyembuhan tersebut, konsultasikanlah dengan provider Anda mengenai aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk menjaga badan Anda tetap aktif, contohnya berjalan santai.

Apabila Anda melahirkan dengan operasi sesar, Anda biasanya akan disarankan untuk mulai berjalan sehari setelah operasi apabila memungkinkan, atau segera setelah Anda siap. Hal ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah Anda, mengurangi resiko penggumpalan darah yang berbahaya, dan membantu mencegah sembelit. Namun, Anda mungkin harus menunggu lebih lama sebelum melakukan latihan-latihan yang intens. Untuk mengetahui mengenai olahraga yang dapat Anda lakukan setelah operasi sesar, klik disini.

Latihan pasca persalinan yang dapat Anda lakukan

  1. Kegel

Latihan kegel adalah latihan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga otot dasar panggul Anda agar tetap kuat. Untuk melakukannya, kencangkanlah otot Anda seperti ketika Anda ingin menahan buang air kecil dan buang air besar atau kentut. Ingatlah untuk tidak ikut mengencangkan pantat, perut, dan otot di area paha dalam Anda saat melakukan latihan ini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai latihan kegel, klik disini.