Latihan kegel merupakan latihan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk melatih otot dasar panggul Anda dan membuat otot dasar panggul Anda menjadi semain kuat. Panggul Anda merupakan area diantara pinggul Anda yang menahan organ-organ Anda seperti rahim, otot kecil, otot besar, dan kandung kemih. Di dalam panggul Anda, terdapat serangkaian otot, jaringan, dan ligamen yang berbentuk seperti tempat tidur gantung dan berfungsi untuk menahan organ-organ tersebut. Rangkaian otot inilah yang disebut dengan otot dasar panggul. Karena otot dasar panggul berfungsi untuk menyangga organ-organ di panggul Anda, maka apabila otot ini lemah, organ-organ tersebut dapat turun atau melorot ke rongga rongga dibawahnya. Selain tentunya sangat tidak nyaman, hal ini juga dapat menyebabkan inkontinensia urin. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai inkontinensia urin, klik disini.

Temukan otot Anda!

panduan-audio-hypnofertility-ads

Ketika Anda pertama kali melakukan latihan kegel, menemukan otot dasar panggul Anda mungkin akan sedikit sulit. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membantu Anda untuk menemukan otot dasar panggul Anda:

  • Bayangkan bahwa Anda ingin buang air kecil dan kencangkan otot Anda seperti ketika Anda ingin menahan buang air kecil. Ingatlah untuk tidak melakukan hal ini ketika Anda benar benar ingin buang air kecil, ketika kandung kemih Anda penuh. Menahan buang air kecil ketika kandung kemih Anda penuh dapat meperlemah otot Anda dan membuat Anda tidak dapat mengosongkan kandung kemih Anda sepenuhnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai retensi urin, klik disini. Menahan buang air kecil juga dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi saluran kemih. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai infeksi saluran kemih, klik disini.
  • Kencangkan otot Anda seperti ketika Anda sedang menahan buang air besar atau menahan kentut, namun ingatlah untuk tidak ikut mengencangkan pantat, perut, dan otot di area paha dalam Anda. Jika Anda melakukannya dengan benar, tubuh Anda tidak akan terangkat sama sekali. Apabila Anda menyadari bahwa tubuh Anda sedikit terangkat, itu artinya Anda menggunakan otot di area pantat Anda.
  • Cuci tangan Anda dan masukkan jari Anda ke vagina Anda, lalu kencangkan vagina Anda. Anda akan merasakan bahwa vagina Anda mengencang dan bahwa otot dasar panggul Anda bergerak keatas.

Untuk memastikan bahwa Anda turut mengencangkan otot di area perut, paha, atau pantat Anda, Anda dapat meletakkan satu tangan Anda di area perut Anda dan tangan satunya di atas paha Anda. Setelah itu, lakukan latihan ini. Apabila Anda merasakan bahwa otot di paha dan perut Anda mengencang dan tubuh Anda sedikit naik keatas, maka itu berarti Anda menggunakan otot yang salah.